Diskominfo Gelar Rakor Bersama Komunitas Di Kecamatan Muara Jawa.

Penulis: Admin
Diskominfo Gelar Rakor Bersama Komunitas Di Kecamatan Muara Jawa.

Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar rapat koordinasi bersama kecamatan dan komunitas pembuat konten positif. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk persiapan pelaksanaan Bimbingan Teknis. Rakor dilaksanakan pada hari ini, Rabu, (23/3/22) bertempat di kantor Kecamatan Muara Jawa. Rakor tersebut dihadiri oleh Indra sebagai perwakilan dari kecamatan Muara Jawa dan Basyir selaku Ketua Komunitas pembuat konten positif " Apa Kabar Muara Jawa '.

Tim Diskominfo dipimpin Kepala Bidang Komunikasi Publik Ahmad Rianto didampingi Pranata Humas Ahli Muda Hermawan dan staf Hubungan Media Heriyanto.

Hermawan menjelas bahwa sebagai lembaga komunikasi sosial, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang ada di tingkat Desa, Kelurahan,dan Kecamatan yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. "KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu untuk menjembatani masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi serta penyerapan aspirasi,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa Diskominfo Kukar mengajak komunitas pembuat konten positif “Apakabar Muara Jawa” yang ada di kecamatan Muara Jawa untuk aktif memanfaatkan media sosial dalam menyebarkan informasi positif. Diskominfo berharap komunitas pembuat konten poitif dapat membuat konten video blog atau Vlogging sembari menyebarkan informasi yang bermanfaat di dunia maya.

Ketua Komunitas Pembuat Konten Positif "Apa kabar Muara Jawa" Basyir menerangkan berdirinya komunitas ini mulai tahun 2018 di channel Youtube dan facebook. Dijelaskannya bahwa komunitasnya juga membantu mempromosikan UMKM, pariwisata untuk mengangkat potensi daerah yang ada di Kecamatan Muara Jawa. Dijelaskannya bahwa Komunitas Apakabar Muara Jawa beranggotakan 14 orang anggota dengan 4 orang sebagai camera person, editor, pembuat video, dan host.

Ketua Komunitas Apakabar Muara Jawa Basyir menyambut baik akan digelarnya Bimtek untuk komunitas oleh Diskominfo Kukar. Diharapkannya bimtek tersebut nantinya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota komunitas dalam bidang teknologi digital dalam produksi video. Diusulkannya agar pembuatan video film dan kameramen dapat menjadi materi bimtek .

Berita Lainnya