Kadis Kominfo Kukar : “Forum Koordinasi Perangkat Daerah Sinergikan Program dan Kegiatan Dengan RKPD”

Penulis: Admin
Kadis Kominfo Kukar : “Forum Koordinasi Perangkat Daerah Sinergikan Program dan Kegiatan Dengan RKPD”

Diskominfo Pemkab Kutai Kartanegara Rabu pagi tadi (16/3/22) menggelar Rakor dengan beberapa OPD membahas penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Rakor yang digelar oleh Forum Koordinasi Perangkat Daerah tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tanggal 4 Maret 2022 perihal Pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah.

Dijelaskan oleh Kadi Kominfo Kukar Dafip Haryanto bahwa FKPD dalam aktifitasnya adalah melaksanakan diskusi dengan perangkat daerah terkait untuk melakukan sinergisitas program dan kegiatan, penajaman indikator dan target kinerja, serta menyelaraskan usulan hasil musrenbang RKPD kecamatan.

“Pada hari ini kita undang beberapa kecamatan yang sudah memasukkan hasil input SIPD terhadap hasil musrenbang kecamatan. Diskusi pagi tadi melakukan validasi dan menajamkan indikator RKPD tahun 2023. Dari hasil diskusi juga dilakukan klarifikasi beberapa usulan dari Desa melalui hasil musrembang Kecamatan yang akan dicover Diskominfo di tahun 2022,” jelas Kadis Kominfo Kukar.

Dari rakor FKPD tadi pagi disampaikan oleh Kadis Kominfo bahwa kegiatan yang belum teranggarkan di tahun 2022, disepakati akan dimasukkan dalam usulan tahun 2023 sesuai hasil musrembang kecamatan. “Dari klarifikasi dihasilkan kesepakatan dan dihasilkan rumusan, dan dibuat berita acara yang ditandatangani bersama,” jelas Kadis Kominfo Kukar.


Juga disampaikannya bahwa Diskominfo Kukar telah bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam penugasan operator seluler dan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam program internet desa yang dilaksanakan di tahun 2002.

Sub Koordinator Perencanaan Pengembangan Pemerintah dan Aparatur Bappeda Dayang Siti Dahlia mengatakan keberadaan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) sangat penting. Dijelaskannya Rakor FKPD sebagai media baru bagi perangkat daerah merupakan proses untuk menyepakati dokumen perencanaan di daerah, khususnya rancangan rencana untuk tahun 2023.

Dijelaskannya kegiatan FKPD yang dilaksanakan di Diskominfo Kukar membahas dan menyepakati usulan-usulan dari hasil musrenbang kecamatan yang ditujukan ke diskominfo. Dayang Siti Dahlia berharap hasil pembahasan dalam rakor RKPD yang telah disepakati dapat menjadi bahan untuk penyempurnaan dokumen LKPD 2023 dan selanjutnya akan dibahas pada musrenbang LKPD tingkat Kabupaten.

Berita Lainnya