Apel Kehormatan dan Renungan Suci Untuk Pejuang Merah Putih Sanga Sanga

Penulis: Admin
Apel Kehormatan dan Renungan Suci Untuk Pejuang Merah Putih Sanga Sanga

Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang gugur dalam Peristiwa Merah Putih 27 Januari 1947, Forkopimda Kutai Kartanegara (Kukar) dan sejumlah elemen masyarakat mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wadah Batuah, Sanga Sanga, Kamis (27/01/22) dini hari.

Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci memperingati Peristiwa Merah Putih ke-75 tersebut dipimpin Wakapolres Kukar Kompol Aldi Alfa Faroqi selaku inspektur upacara.

Turut hadir pada kegiatan tersebut di antaranya adalah Wakil Bupati Kukar H. Rendi Solihin, Sekda Kukar Sunggono, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wiyono dan perwakilan pejabat Forkopimda lainnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung di tengah keheningan malam dan temaram cahaya obor itu, Wakapolres Aldi Alfa Faroqi membacakan teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

"Kami yang hadir pada hari ini Kamis 27 Januari 2022 pukul 00.00 WITA, pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa pahlawan, Angkatan Bersenjata 1 orang, pejuang rakyat 74 orang, menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," ujar Aldi Alfa.

Wakapolres Kukar juga mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjuang dan rela berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. "Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa arwah saudara-saudara diterima Tuhan YME dan mendapat tempat yang sewajarnya," tutupnya.

Usai menandatangani naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Wakapolres Kukar kemudian memimpin peserta untuk mengheningkan cipta. Setelah itu, acara ditutup dengan pembacaaan doa untuk para pahlawan yang gugur pada Peristiwa Merah Putih Sanga Sanga 75 tahun silam.

Berita Lainnya