Upacara Peringatan Peristiwa Merah Putih SangaSanga ke 75 Tahun 2022

Penulis: Admin
Upacara Peringatan Peristiwa Merah Putih SangaSanga ke 75 Tahun 2022

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga Sanga ke 75 tahun 2022. Upacara dilaksanakan hari ini, Kamis (27/1/22) di lapangan sepak bola PT. Pertamina Hulu Energi Indonesia Zona 9, Kecamatan Sanga Sanga.

Hadir dalam upacara tersebut Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Pangdam VI Mulawarman (diwakili), Kapolda Kaltim (diwakili), Wakil DPRD Kukar, Forkopimda daerah, Danrem 091/Aji Suryanata Kusuma, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kukar, Camat Sanga Sanga, veteran pejuang, para ahli waris pejuang, pimpinan ormas, tokoh masyarakat, pemuka agama, pemuda dan para pelajar.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa Peristiwa Merah Putih Sanga Sanga merupakan perjuangan berskala nasional yang sepantasnya menjadi catatan sejarah penting diantara catatan sejarah nasional lainnya ditanah air.

Ditekankan bahwa Kecamatan Sanga Sanga tidak boleh tertinggal dengan kecamatan lainnya di Kukar, maupun daerah lain di Kaltim. "Terus gelorakan semangat membangun, semangat gotong royong, dan kemandirian daerah untuk mencapai daerah yang maju dan masyarakatnya yang mencapai keadilan, sejahtera dan makmur."

Bupati Kukar berharap agar masyarakat yang ada di Kaltim untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Republik Indonesia di Kaltim. Jika IKN terwujud, maka Sanga Sanga juga akan mendapat dampak positif karena wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Penajam dan Paser Utara.

Disampaikan Bupati Edi Damansyah bahwa DPR RI sudah mengesahkan RUU IKN menjadi UU IKN. Artinya sudah ada payung hukum bagi pemerintah untuk segera bergerak membangun IKN baru yang akan menjadi lokomotif baru bagi pemerataan pembangunan dan trasformasi untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.

Untuk itu perlu kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam membuat terobosan dan inovasi, membangkitkan kreatifitas masyarakat, meningkatkan sumber daya manusia (sdm) yang handal dan berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi.

Bupati Kukar berharap antara Pemerintah, perusahaan, dan pihak pihak swasta yang ada di Sanga Sanga dapat bekerjasama, bersinergi dengan para tokoh agama, masyarakat, adat, agama, pemuda, dan wanita, serta berbagai komponen lainnya untuk mewujudkan Sanga Sanga yang tertib, aman, dan damai.

Berita Lainnya