Bupati Kukar Buka Expo Merah Putih Sanga Sanga Tahun 2022

Penulis: Admin
Bupati Kukar Buka Expo Merah Putih Sanga Sanga Tahun 2022

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah membuka EXPO Peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga Sanga ke-75 tahun 2022 pada hari Rabu (26/1/22) di Lapangan Merah Putih ex MTQ Kelurahan Sanga Sang Dalam. Dalam pembukaan expo tersebut Bupati Kukar didampingi Wabup Rendi Solihin dan Sekda Kukar Sunggono.


Pembukaan Expo tersebut dihadiri tokoh masyarakat dan para pejuang Sanga Sanga, pelaku UMKM Kutai Kartanegara, perwakilan dunia usaha, Camat Sanga Sanga dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.


Dalam sambutannya Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa hari ini kita diingatkan kembali pada pengorbanan dan perjuangan para pahlawan pada perisitiwa Merah Putih di Sanga Sanga 75 tahun yang lalu.


Peristiwa tersebut merupakan bukti catatan sejarah, bahwa  rakyat Sanga Sanga adalah masyarakat yang berpikiran maju, memiliki darah pejuang dan hal ini harus terus berkobar dalam proses pembangunan Kutai Kartanegara yang lebih baik.


Disampaikan Bupati Edi, bahwa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM, merupakan eskalasi dari sebuah proses pembangunan ekonomi suatu daerah. Berdasarkan data nasional, pangsa UMKM sebesar 99,9%, sehingga hampir seluruh sektor usaha dikuasai  oleh UMKM. Oleh karenanya UMKM menjadi penopang terkuat perekonomian negara hingga saat ini.


Atas dasar realitas tersebut, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus melakukan penguatan UMKM dengan menghadirkan Program Usaha Kecil IDAMAN. Program tersebut ditujukan untuk memfasilitasi seluruh pelaku UMKM dalam meningkatkan ketersediaan permodalan, daya saing produk dan manajemen usaha.


Kegiatan konkrit dan strategis dari program tersebut adalah membangun klinik UMKM di setiap kecamatan dan memfasilitasi kesiapan memasuki pasar digital secara terintegrasi melalui jaringan kemitraan dengan konsep e-commerce atau market place.


Saat ini kita telah dihadapkan pada suatu keniscayaan, bahwa Kutai Kartanegara manjadi bagian dari wilayah pembangunan Ibu Kota Negara baru. Keberadaan IKN tentunya akan memberikan pengaruh pada proses pembangunan di daerah, standard layanan, persaingan usaha, dan pola kegiatan ekonomi akan mengalami perubahan yang sangat cepat.


Untuk itu kita harus dapat menyiapkan diri secara masif, khususnya dalam mempersiapkan kapasitas SDM dan membangun mental yang kuat dan tangguh dalam menghadapi persaingan yang lebih keras.


Untuk itu saya mengajak kepada kita semua, untuk bergandengan tangan, bekerja secara sinergi, kolaboratif, dan hadir sebagai pelaku bukan hanya penonton dalam megahnya pembangunan IKN di wilayah Kutai Kartanegara.


Bupati Edi Damansyah mengharapkan kegiatan ini dapat memperkuat silaturahim, meningkatkan kolaborasi dan meningkatkan iklim usaha yang lebih baik di Sanga Sanga, yang pada akhirnya menjadi pemantik perwujudan masyarakat Sanga Sanga yang sejahtera dan berbahagia.

Berita Lainnya