Wabup Kukar Lepas Napak Tilas Perjuangan Merah Putih

Penulis: Admin
Wabup Kukar Lepas Napak Tilas Perjuangan Merah Putih

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka menyemarakkan peringatan Peristiwa Merah Putih ke-75 tahun 2022 di Kecamatan Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Salah satunya adalah kegiatan Napak Tilas Perjuangan Merah Putih yang dirangkai dengan Pesta Rakyat, Rabu (26/01/2022) siang, di Monumen Pertahanan Merah Putih, Kelurahan Sanga Sanga Muara.

Kegiatan Napak Tilas ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Kukar H. Rendi Solihin didampingi Sekda Kukar H. Sunggono dari depan Monumen Pertahanan Merah Putih, Kelurahan Sanga Sanga Muara.

Usai melepas kegiatan Napak Tilas, Wabup Rendi Solihin juga membuka kegiatan Pesta Rakyat yang diikuti 11 RT se-Kelurahan Sanga-Sanga Muara.

Wabup Rendi Solihin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Napak Tilas dan Pesta Rakyat yang dilaksanakan tersebut merupakan wadah komunikasi dan penguat ikatan kebersamaan masyarakat Kukar, khususnya di Kecamatan Sanga Sanga.

Ditambahkan Rendi, Sanga Sanga telah ikut memberikan catatan tinta emas bagi perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

"Sebuah peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 27 Januari 1947 yang setiap tahunnya selalu kita peringati sampai sekarang yang dikenal dengan Peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih di kota Sanga Sanga," ujarnya.

Menurut Wabup Kukar, banyak hikmah yang bisa dipetik dari Peristiwa Merah Putih Sanga Sanga. Salah satunya adalah semangat pengorbanan, persatuan dan percaya diri akan kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

"Dalam konteks pelaksanaan pembangunan daerah kita, tantangan yang kita hadapi pun tidak mudah. Untuk itu keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh kekuatan kolaborasi dan sinergitas antar stakeholders secara harmoni, mengingat pembangunan bukan hanya bertumpu kepada pemerintah namun memerlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan dunia usaha sebagai bagian dari pelaku pembangunan di daerah," pungkasnya.

Sementara dikatakan Ketua Panitia Pelaksana H Amir Hady, kegiatan Napak Tilas Perjuangan Merah Putih ini diikuti 31 regu, yang mana masing-masing regu terdiri dari 10 orang.

"Kegiatan Napak Tilas ini diikuti pelajar SMP, SMA dan SMK di Sanga Sanga. Kegiatan ini sengaja dibatasi, kalau normal bisa diikuti peserta dari kecamatan. Sedangkan kegiatan Pesta Rakyat diikuti 11 RT di Sanga Sanga Muara," demikian ujar Amir yang juga Sekretaris Kecamatan Sanga-Sanga.

Berita Lainnya