Studi Banding Pengelolaan PAD, Pemkab Musirawas Utara Kunjungi Pemkab Kukar

Penulis: Admin
Studi Banding Pengelolaan PAD, Pemkab Musirawas Utara Kunjungi Pemkab Kukar

Bupat Musirawas Utara Provinsi Sumatera Selatan Devi Suhartoni bersama jajaran pejabatnya melakukan kunjungan kerja / studi banding pengelolaan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) ke Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna Kompleks Kantor Bupati Kukar di Jalan Wolter Monginsidi kawasan Timbau, Tenggarong pada hari Jumat pagi (14/1/22).

Dalam kunjungan tersebut Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartono didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Alfirmansyah, Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Zulkifli, Kadis Perhubungan Al Azhar, Plt Kadis Kesehatan Henny, Plt Kadis PTSP Hamdan Mawardi, Plt Kepala Bappeda Amirul, Kabag Adm. Pembangunan Ali Februari, Kabid Program dan Sarana Prasarana Ari B. Setyawan, Kabid Industri Kecil dan Menengah Disperindagkop Yuliandriani, Kabag Umum, Keuangan dan Kepegawaian Dinkes Silvasari, Kabid Pajak dan Retribusi Daerah Taufik Hidayat, dan Staf Perencanaan Dinkes Dwi Estiani.

Sedangkan pejabat Kutai Kartanegara yang menyambut rombongan tersebut adalah Seketaris Daerah Kukar Sunggono, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wiyono, Kadis PTSP Bambang Arwanto, Seketaris Dinkes Ismi Mufiddah dan beberapa Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam pidatonya yang dibacakan oleh Seketaris Daerah Sunggono menyampaikan konsep pembangunan yang diusung Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin adalah Kukar Idaman yang merupakan akronim dari Inovatif,Daya Saing, dan Mandiri.

Disampaikan bahwa Kukar Idaman adalah suatu gerakan yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah dengan mendorong kreatifitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dalam menciptakan daya saing dan kemandirian daerah yang didasari semangat kolaborasi dan sinergisitas antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Kukar yang lebih baik.

Sekda Sunggono menyampaikan Implementasi dari Kukar Idaman diwujudkan dalam 23 program dedikasi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Kukar tahun 2021-2026.

Dipaparkan bahwa Kabupaten Kukar mempunyai potensi sumberdaya alam khususnya pertambangan dan penggalian, sektor pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, konstruksi, dan sektor industri pengolahan. Dari 4 sektor unggulan inilah yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan daerah. Disampaikan bahwa bahkan PDRB Kukar menjadi kontributor terbesar/peringkat pertama dalam pembentukan PDRB Provinsi Kalimantan Timur.

Bupati Musirawas Utara Devi Suhartoni dalam sambutannya berharap, melalui kunjungan kerja / studi banding ke Pemkab Kukar ini akan terlaksana dialog cara pengelolaan PAD di daerah masing masing. Dengan demikian diharapkan dapat meningkat kinerja dan pelaksanaan kebijakan yang kurang optimal didaerah masing masing.

Berita Lainnya