Percepat Distribusi Bantuan Sosial, Dinsos Kukar Gelar Monev

Penulis: Admin
Percepat Distribusi Bantuan Sosial, Dinsos Kukar Gelar Monev

Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar monitoring dan evaluasi distribusi bantuan sosial di 3 kecamatan di Kabupaten Kukar. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Dinas Sosial Hamly didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan dan Penyuluh Sosial Marliansyah dan Sub Koordinator PPKRS Yusri beserta staf. Kegiatan tersebut menyasar 3 kecamatan, yakni Kecamatan Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang yang dilaksanakan mulai tanggal 11-13 Januari 2022.

Kegiatan monev tersebut dihadiri pihak Camat, Bank Rakyat Indonedia Unit Kembang Janggut, Kenohan dan Tabang, dan seluruh Kepala Desa, Pendamping Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Kepala Dinas Sosial Kukar Hamly menjelaskan bahwa tujuan monev adalah untuk percepatan pendistribusian / penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan sembako dari program PPKM kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Disampaikannya bahwa paling lambat 15 Januari 2022 seluruh bantuan sosial harus selesai tersalurkan.


Kepala Dinas Sosial Kukar Hamly menyampaikan dalam kegiatan monev tersebut dibahas alternatif-alternatif solusi agar hak-hak KPM bisa terpenuhi secepatnya.

Kadinsos Kukar berharap kepada seluruh stakeholders seperti Camat, Kepala Desa/Lurah dan petugas lapangan TKSK untuk memperhatikan unsur tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu serta proaktif mengawal warga dalan pencairan dan distribusi Bansos.
Disampaikan Kadinsos Kukar bahwa tujuan pokok monev adalah untuk memastikan penyaluran bansos ke KPM tepat waktu, memastikan kesesuaian kuantitas dan kualitas logistik sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Kemensos. Selain itu adalah untuk menginventarisasi permasalahan - permasalahan utama pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan terkait data warga yg akan diusulkan ke Kemensos untuk ditetapkan sebagai DTKS di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Agenda monev kedepan akan dilaksanakan tiap 3 bulan di masing-masing kecamatan dengan melibatkan stakeholders antara lain Puskesos Desa/Kelurahan dibawah binaan Kades/Lurah, pihak Kecamatan, Unit BRI setempat, TKSK & Pendamping PKH binaan Kemensos, serta Tim Dinsos Kukar.

Kadinsos berharap semua pihak / stakeholders untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi mulai tingkat Desa/Kelurahan dengan para Puskesos dan petugas pendamping PKH, Pekerja Sosial. Di tingkat Kecamatan diharapkan dilakukan koordinasi antara pihak Camat dan Kasi Kesra, TKSK Kecamatan, Unit BRI setempat. Sedangkan di tingkat kabupaten koordinasi dilakukan antara Dinsos dengan BRI Cabang di Tenggarong yang membawahi 13 kecamatan, BRI Cabang Samarinda yang membawahi 2 kecamatan, dan BRI Cabang Bontang membawahi 2 kecamatan, dan BRI Cabang Balikpapan yang membawahi 2 kecamatan.

Kegiatan monev tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Bupati Kukar Edi Damansyah yang meminta dilakukan percepatan distribusi dengan mengintensifkan koordinasi dan kolaborasi bersama stakeholders terkait bantuan sosial untuk masyarakat Kukar. Hal ini merupakan respons cepat Bupati Edi Damansyah terhadap keluhan publik terkait keterlambatan distribusi bansos di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Berita Lainnya