Disdik Kukar Gelar Explore Festival Budaya Kukar 2022

Penulis: Admin
Disdik Kukar Gelar Explore Festival Budaya Kukar 2022

Explore Festival Budaya 2022 yang dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara telah dibuka. Kegiatan yang diselenggarakan di halamanan parkir Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong Seberang tersebut resmi dibuka oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wiyono pada hari Sabtu (8/1/22).

Festival tersebut akan berlangsung mulai tanggal 8 - 16 Januari 2022 dengan mengusung tema Pelestarian Budaya Untuk Odah Etam Berkarya. Festival tersebut bertujuan untuk memperkenalkan budaya Kukar kepada masyarakat dan sekaligus untuk meningkatkan aktivitas ekonomi kreatif UMKM di Kukar. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Anwar Sanusi, Asisten 2 Kukar Wiyono dan unsur Forkopimda Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 2 Kukar Wiyono menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya event tersebut. Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan pihak Seven Value Company sebagai organizer yang telah mewujudkan event tersebut.

Dikemukakannya bahwa event tersebut merupakan upaya pelestarian budaya dengan memfasilitasi para seniman untuk perform di atas panggung. Selain itu adalah untuk mewadahi pelaku ekonomi kreatif untuk dapat terjadi transaksi ekonomi dengan masyarakat. Diharapkan kegiatan seperti ini untuk terus bersinergi dan berkolaborasi baik dengan stekholder lainnya

Bupati Kukar mengingatkan semua pihak tetap waspada terhadap varian Covid-19 Omicron dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak fisik. Dipesankan kepada panitia pelaksana agar mengingatkannya dan mengatur sirkulasi pengunjung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kukar Tauhid Apilian Noor dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan ini untuk menggali dan mempromosikan budaya khususnya di Kukar. Kegiatan ini menjadi sarana revitalisasi budaya, sebagai sarana promosi budaya daerah, dan menjadi ruang kreasi bagi insan budaya dan seniman sekaligus untuk mengangkat usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Kukar”, jelasnya.

Disampaikannya bahwa Kesenian Ganjur dari Kabupaten Kukar telah disahkan sebagai salah Warisan Budaya Tak Benda ( WBTB) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI pada tahun 2021.

Sementara itu Ketua Panitia Explore Festival Budaya Eko Wulandanu yang merupakan CEO Seven Value Company mengatakan tujuan penyelenggaraan Festival Budaya Kukar tahun 2022 ini adalah untuk memotivasi pelaku seni dan budaya untuk melestarikan, mempopulerkan, mengembangkan seni dan budaya di kabupaten Kukar dan mempertemukan dengan pelaku ekonomi kreatif.

Disampaikannya, “Festival Budaya ini tidak menggunakan dana APBD Kukar. Festival Budaya yang digelar oleh Seven Value Company bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kukar dengan bergotong royong melibat para UMKM yang ada di Kukar”.

Diharapkannya acara ini bisa dikembangkan sebagai sarana branding Kukar sebagai destinasi wisata dan untuk menggerakkan perekonomian di Kukar khususnya UMKM.

Berita Lainnya