Outlook Pers Kaltim 2022 Digelar di Swiss-belhotel Samarinda

Penulis: Admin
Outlook Pers Kaltim 2022 Digelar di Swiss-belhotel Samarinda

Konvensi Media Siber dengan tema Outlook Pers Kalltim 2022 digelar insan pers Kaltim di Swiss-BelHotel International di Samarinda hari ini, Sabtu (8/1/22). Konvensi tersebut menghadirkan narasumber dari Dewan Pers M. Agung Darmajaya, Kadis Kominfo Kaltim Muhammad Faisyal, Sekwan Provinsi Kaltim Agung Ramadhan, Ketua JMSI M. Sukri, Ketua SMSI Kaltim Abdurrahman Amin, Ketua AMSI Kaltim Rahmad.


Hadir dalam kegiatan tersebut wartawan media konvensional dan media baru berbasis internet se Kalimantan Timur, pejabat Diskominfo se Kaltim, pejabat Polda Kaltiim, dan institusi terkait dengan media lainnya.


Para narasumber menyampaikan pandangan-pandangan terkait kerjasama pihak media dengan Pemda, syarat dan tingkat kompetensi jurnalis, serta pertanggungjawaban publikasi dalam perspektif regulasi, dan perspektif hukum berkaitan dengan publikasi.


Fajar dari akademisi yang juga mantan wartawan menyampaikan bahwa sebaiknya media tidak terlalu lama bergantung pada APBD. Disarankan paling lama 5 tahun saja dan selanjutnya bisa mandiri.


M. Khaidir yang saat ini menjabat Komisioner Provinsi Kaltim menyampaikan agar tidak terjadi monopoli dari institusimedia yang bekerjasama dengan media. Diharapkannya agar Pemda juga memiliki regulasi agar tidak terjadi monopoli. Diharapkan juga agar intitusi media juga perduli untukmendukung media yang baru tumbuh.


Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers M. Agung Dharmajaya menyampaikan pentingnya kredibilitas jurnalis baik dalam kompetensi dan institusi. Ditekankan tentang pentingnya bagi jurnalis menjaga integritas dan pentingnya penegakan hukum dengan memperhatikan platform media yang digunakan.


Pada malam nanti akan digelar kegiatan Wartawan Legend Bedapatan. Kegiatan ini merupakan pertemuan tokoh-tokoh pers lintas generasi di Kaltim. Dalam event ini akan digelar deklarasi kalangan pers Kaltim yang mengusulkan salah seorang tokoh pers Kaltim, yakni Almarhum Oemar Dachlan untuk dicalonkan sebagai Pahlawan Nasional. Dan keesokan harinya akan digelar jalan sehat.

Berita Lainnya