Kepala Dinas PU Kukar : "Warna Merah Putih di Jembatan Kukar Demi Keselamatan"

Penulis: Admin
Kepala Dinas PU Kukar : "Warna Merah Putih di Jembatan Kukar Demi Keselamatan"

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menegaskan perubahan warna Jembatan Kukar yang semula kuning menjadi merah dan putih dilakukan demi keselamatan pelayaran. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar, Wisnu memastikan pemilihan warna tersebut tidak ada sangkut paut dengan politik maupun niat melanggar adat Kesultanan.

“Merah Putih dipilih karena menyangkut sistem keselamatan pelayaran. Kedua warna ini dinilai lebih terang sehingga meningkatkan keselamatan aktivitas pelayaran di Sungai Mahakam. Dinas PU akan melanjutkan proses perawatan dan pengecetan jembatan dengan warna merah dan putih sesuai dengan simbol bendera negara,” kata Wisnu dalam prosesi Tepong Tawar yang diikuti unsur FORKOPIMDA di Jembatan Kukar pada hari Kamis (6/1/22).

Wisnu menjelaskan, prosesi Tepong Tawar yang dilakukan Pangeran Ali beserta kerabat Kesultanan Kukar Ing Martadipura merupakan tradisi Kutai dengan tujuan agar pemeliharaan Jembatan Kukar berjalan lancar. Disampaikannya prosesi Tepong Tawar merupakan upaya Pemda yang menunjukkan bahwa pembangunan di Kukar selalu menjujung tinggi nilai-nilai adat Kesultanan Kutai. Diharapkan pembangunan infrastruktur maupun sektor lainnya yang sudah dilakukan di Kutai Kartanegara dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Berita Lainnya