Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti Ke 76 Kementerian Agama RI, Bupati Kukar Hibahkan 5 Hektar Tanah Untuk Pembangunan Asrama Haji

Penulis: Admin
Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti Ke 76 Kementerian Agama RI, Bupati Kukar Hibahkan 5 Hektar Tanah Untuk Pembangunan Asrama Haji

Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti Ke 76 Kementerian Agama RI, Bupati Kukar Hibahkan 5 Hektar Tanah Untuk Pembangunan Asrama Haji 

Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ) ke 76 digelar di Madrasah Aliyah Negeri di Jalan Jelawat, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Peringatan dengan tema Transformasi Layanan Umat tersebut dilaksanakan dengan menggelar upacara bendera di lapangan upacara pagi tadi, Senin (3/1/22). Upacara tersebut dipimpin Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah sebagai Inspektur Upacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Bupati Kukar selaku inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI K.H. Yaqut Cholil Qoumas. Disampaikan bahwa sejak dibentuk pada tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama RI terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Selain itu adalah mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua pihak.

Disampaikan bahwa Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya. Selain itu Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Dikemukakan bahwa hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Di usia yang ke-76 ini, diharapkan Kementerian Agama terus berbenah dan mempertahankan prestasi yang telah diraih dan terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. Dipesankan agar menjadikan agama sebagai inspirasi dan sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Ditekankan tentang pentingnya menerapkan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. 

Menteri Agama RI menekankan tentang pentingnya berpegang teguh pada 5 nilai budaya kerja tersebut agar Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Dengan demikian maka tagline Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 76, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud adalah perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layananan kepada masyarakat.

Dalam upacara tersebut pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kukar melaksanakan penyerahan Piagam Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN Kemenag Kukar. Satyalencana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Penghargaan Satyalencana diterima oleh 47 orang ASN dilingkungan Kantor Kemenag Kukar. Satya Lencana 30 tahun dianugerahkan kepada 2 ASN, Satya Lencana 20 tahun kepada 25 ASN, dan Satya Lencana 10 tahun kepada 20 ASN yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

Setelah upacara usai, Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa sinergitas yang dibangun antara Pemkab Kukar dengan Kementerian Agama RI telah berjalan dengan baik. Indikatornya dapat dilihat pada pelayanan KUA dan kerukunan umat beragama yang meningkat.

Disampaikan oleh Bupati Edi Damansyah bahwa kerukunan umat beragama di Kabupaten Kukar untuk saat ini berjalan dengan baik dan kondusif. Hal tersebut terlihat pada kehidupan sehari-hari dimana belum pernah ada konflik yang terjadi antar pemeluk agama yang satu dengan yang lainnya di Kabupaten Kukar. Bupati Kukar menekankan pentingnya kerukunan sebagai modal sosial dalam menjaga dan menciptakan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kukar. Dengan modal kerukunan akan menciptakan suasana yang kondusif, aman, normal, dan sejahtera. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kutai Kartanegara menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kukar, bersedia menghibahkan tanah atau lahan seluas kurang lebih 5 hektare kepada Kementerian Agama RI. Nantinya lahan tersebut digunakan untuk pembangunan Asrama Haji di Kukar.

Berita Lainnya