BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Saksikan Penandatanganan Kesepakatan Deklarasi Damai Calon Kades

date_range 08 Oktober 2019 | Oleh : Yli-Medsi03
Bupati Saksikan Penandatanganan Kesepakatan Deklarasi Damai Calon Kades

FOTO Ikrar Deklarasi Calon Kades:Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyaksikan deklarasi damai untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 di Anggana

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar deklarasi damai untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019. Deklarasi damai diikuti 4 kecamatan yaitu, Anggana, Muara Badak, Marang Kayu dan Samboja itu dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Anggana, Sabtu (5/9/2019).

Deklrasi ditandai dengan pembacaan ikrar isi deklarasi Pilkades yang  dipimpin salah satu calon kades diikuti 78 calon kades lainnya.

Dalam kesempatan itu Edi juga menyaksikan penandatanganan nota kesepankatan deklarasi damai oleh perwakilan calon Kades.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan penghargaan atas terlaksananya penyelenggaraan deklarasi itu, dan berharap kepada calon Kades untuk dapat mengikuti ketentuan sesuai peraturan yang berlaku.

“Pilkades merupakan wahana demokrasi bagi masyarakat desa, untuk memilih pemimpin di desanya, diharapkan nantinya  tiap desa memiliki visi dan misi untuk memajukan dan mensejahterakan desanya,” ujarnya.

Bupati juga meminta kepada seluruh calon Kades untuk melaksanakan isi deklarasi tersebut dengan baik, dengan melaksanakan setiap kesepakatan yang telah dideklarasikan serta menanamkan semangat siap menang dan kalah.

"Hindari upaya menghujat calon lainnya dalam penyampaian misi dan visi dan program kerjanya, tetap menjaga tali persaudaraan dan kondusifitas desanya masing – masing,” harap Edi.

Akhmad Taufik Hidayat Ketua Panitia Pemilihan Kabupaten mengatakan,ikrar bersama ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2019 yang akan diikuti  oleh 108 desa dari 193 desa yang ada di Kukar.

Deklarasi di Anggana diikuti 78 orang calon Kades dari 22 desa diantaranya, Anggana terdiri 5 desa calon Kades 19 orang, Muara Badak 7 desa dengan calon Kades 24 orang,  Marang kayu 7 desa dengan calon kades 24 orang, dari Samboja 3 desa dengan calon kades 11 orang.

Lebih lanjut dikatakan Akhmad Taufik untuk tahapan pelaksanaan  pemilihan Kepala desa serentak tahun 2019 dimulai dari bulan Oktober  hingga Desember 2019.
Dengan rangkaian kegiatan meliputi, pembentukan KPPS, ikrar bersama 3 wilayah,penyampaian surat undangan kepada pemilih, kampanye terbuka seluruh calon kades 108 desa,pelepasan atribut dan masa tenang, pengututan suara, penetapan calon Kades terpilih, panitia penyampaian  hasil pemilihan Kepala BPD, BPD menetapkan calaon kades melalui surat keputusan BPD, proses penerbitan SK Bupati Kades terpilih terakhir dilakukan pelantikan. ///Yli-Medsi03 ///

Terkait

BERITA Lainnya