BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Tanam Padi, Edi Damansyah Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Semayang

date_range 03 Oktober 2019 | Oleh : Medsi08
Tanam Padi, Edi Damansyah Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Semayang

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kepala BPTP Kaltim Dr Muhammad Amin, Kejari Kukar Darmowijoyo serta unsur Muspika Kecamatan Kenohan saat menanam padi perdana di Danau Semayang.

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta kepada masyarakat Desa Semayang untuk manfaatkan lahan subur Danau Semayang menjadi sektor pertanian saat kemarau tiba, hal tersebut disampaikannya saat menghadiri penanaman padi perdana dalam rangka gerakan percepatan tanam padi seluas 300 hektar yang dilaksanakan Pemkab Kukar bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kaltim di Danau Semayang Kecamatan Kenohan, Senin (30/9/2019).

"Alhamdulillah hari ini kita telah menanam padi bersama di kawasan Danau Semayang, saya harap semua masyarakat Desa Semayang ikut manfaatkan potensi lahan subur ini untuk menanam karena saat musim kemarau daerah tertentu didanau ini mengering jadi pola pikirnya ikut bergeser untuk menanam," ucap Edi Damansyah.

Lebih lanjut, Edi meminta kepada masyarakat Desa Semayang menjadikan sektor pertanian dalam mengelola lahan Danau Semayang sebagai prioritas bukan lagi pekerjaan sampingan saat musim kemarau tiba, sehingga kedepan daerah tersebut menjadi salah satu kawasan baru sektor pertanian dalam mendukung suasembada pangan di Kukar, karena menurutnya dari hasil data penelitihan yang ada kawasan tersebut merupakan lahan yang subur dimana dalam pengelolaan lahannya tidak memerlukan penanganan yang bersifat khusus.

Ditambahkannya, berkenan dengan musim banjir dan kemarau yang sering terjadi setiap tahunnya di kawasan Danau Semayang, dirinya meminta kepada Dinas Pertanian dan Perternakan agar mengawal dan menyusun konsep yang baik terkait mekanisme yang digunakan dalam mengelola lahan tersebut, sehingga kedepan dari hasil pendampingan tersebut akan didapat data yang akurat terkait program kebijakan pada sektor pertanian dikawasan tersebut.

"Apa yang dilakukan masyarakat hari ini masih bersifat tradisional namun saya tetap optimis, kedepan kepada pihak terkait saya minta untuk mengawal kegiatan ini sehingga kedepan melalui hasil pendampingan tersebut didapat data yang akurat untuk digunakan dalam melakukan penyususnan program kebijakan Pemkab Kukar disektor pertanian dalam arti luas dikawasan tersebut," ucap Edi Damansyah.

Lebih lanjut, Kades Desa Semayang Robi Salam mengatakan luasan lahan yang akan dikelola tersebut seluas 313 hektar, dimana dalam pengelolaannya dikerjakan 12 kelompok tani yang ada di Desa Semayang, sementara untuk benih padi para kelompok tani mendapatkan bantuan sebanyak 7,5 ton.

"Atas nama masyarakat Desa Semayang kami ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak bupati, kedepan kami juga mohon izin untuk mengeoptimalisasi lahan pertanian yang  disepanjang jalan masuk menuju Desa Semayang," ucap Robi Salam.

Untuk diketahui, turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala BPTP Provinsi Kaltim Dr Muhammad Amin, Kejari Kukar Darmowijoyo, Camat Kenohan Lukman Budiono, unsur Musawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Kenohan, Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar Maslianawati Edi Damansyah.(Medsi08).

Terkait

BERITA Lainnya