BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Tingkatkan Kualitas ASN, BKPSDM Sosilaisasikan Aplikasi E-Kinerja

date_range 18 September 2019 | Oleh : Medsi09
Tingkatkan Kualitas ASN, BKPSDM Sosilaisasikan Aplikasi E-Kinerja

FOTO Soslialiasai E-Kinerja: suasana pembukaan sosilaisasi e kinerja dilingkungan Pemkab Kukar.

TENGGARONG -Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sosialisasikan aplikasi E-Kinerja pada perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kukar, mulai Selasa (17/9) di ruang serbaguna Bappeda lantai 2.

Kepala BKPSDM Kukar Jane AR Nazaruddin mengatakan, aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Kukar yang lebih efektif dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. "Sejak tahun kemarin (2018) kami sudah menyusun prosesnya bersama BKN, agar aplikasi ini langsung bisa diterapkan," ujarnya saat pembukaan sosialisasi itu.

Dikatakannya, tujuan aplikasi itu untuk peningkatan sumberdaya manusia Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kukar, menjadikan aplikasi ini sebagai media komunikasi dalam rangka peningkatan kapabiltas PNS menjadi lebih profesional. Sosialisasi yang digelar dua hari hingga Rabu (18/9) itu dibuka oleh Asisten III HM Irfan Paranata.

Irfan mengatakan, aplikasi E-Kinerja adalah alikasi berbasis web yang telah dibangun dan dikembangkan BKN  untuk digunakan Pemkab Kukar dan daerah lainnya se Indonesia, guna menganilisis kebutuhan jabatan, beban kinerja jabatan, dan beban satuan unit atau satuan organisasi sebagai dasar perhitungan prestasi dan pemberian tunjangan kinerja pegawai yang akan dilakukan pada Oktober 2019.

Dikatakannya sosialisasi aplikasi E-Kinerja merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang 05 tahun 2014 tentang Apaatur Sipil Negara dan Peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajamen PNS yang mengamanatkan pola manajemen terpadu dan sistematis. "Dengan adanya apalikasi ini menjadi langkah strategis yang tepat untuk memberikan kesempatan pada seluruh ASN agar tetap dapat mengembangan diri, meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan tugas dan tanggung jawab," ujarnya.

Menurutnya, pengembangan aplikasi E-Kinerja tersebut tidak laian adalah untuk memudahkan aparatur dalam meng-input kegiatan pekerjaan dan membuat laporan kerja harian (LKH) yang terintegerasi langsung pada sasaran kerja pegawai (SKP), dan perilaku kerja dalam rangka penilaian, serta sebagai instrumen pendukung bagi pimpinan dalam mengambil keputusan terkait kinerja pegawai.

Penerapan E-Kinerja di Pemkab Kukar bertujuan sebagai  bahan pembinaan kinerja pegawai atau orgasiasi, sebagai dasar pemberian tunjangan kinerja pegawai sesuai aktifitas kegiatan yang dikerjakan. Kemudian, untuk mengatahui kontribusi PNS terhadap organsiasi, mendorong PNS untuk inisiatif mengembangkan tugas dalam mencapai tujuan organsiasi. "Serta berguna untuk mengetahui kebuthan nyata PNS pada satu perangkat daerah," demikian ujarnya. Selanjutnya Irfan berharap peserta dapat memahamai dengan baik sosialisasi tersebut, karena peserta akan menyampaikan pengetahuan yang didapatkan pada sosialiasi itu di OPD masing-masing. (medsi09)

Terkait

BERITA Lainnya