BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Tutup Festival Muharram 1441 H

date_range 12 September 2019 | Oleh : Medsi03
Bupati Tutup Festival Muharram 1441 H

FOTO Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat menyerahkan hadiah pemenang 1 Muharam 1441.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menutup Festival Muharram 1441 H tingkat Kabupaten Kukar. Penutupan berlangsung di halaman Masjid Sultan Agung Sulaiman Tenggarong, Selasa (10/9/2019) malam.

Mengawali sambutannya Edi Damansyah memberikan berterimakasih kepada panitia, alim ulama, tokoh masyarakat, jajaran instansi pemerintah dan dunia usaha yang telah ambil peran dalam memeriahkan Festival Muharram yang di mulai tanggal 6 hingga 10 September 2019. “Festival ini dilaksanakan dengan semangat kebersamaan, persatuan dengan semangat betulungan (gotong royong) etam bisa, sehingga bisa dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.

Dikatakannya, melalui festival itu terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman diantara para peserta sehingga semakin menambah kemampuan dan jam terbang para peserta yang nantinya akan berdampak kepada peningkatan kualitas para peserta untuk mengikuti lomba – lomba pada kegiatan lainnya.

Edi juga mengatakan kegiatan seperti ini akan menjadi event yang ditunggu – tunggu oleh semua masyarakat Kukar dan esensi terpenting, adalah umat Islam akan selalu ingat dengan tahun barunya sendiri, dan akan selalu memeriahkan setiap tahunnya dengan kegiatan – kegiatan yang memberikan dampak peningkatan keimanan ketaqwaan, peningkatan ukhuwah Islamiyah serta peningkatan sosial ekonomi umat.

Edi juga mengingatkan kepada peserta yang menjadi juara agar jangan cepat berpuas diri dengan prestasi yang telah dicapai, tetapi jadikan ini sebagai motivasi dan semangat untuk terus belajar dan meraih prestasi yang lebih baik pada level yang lebih tinggi.

"Bagi yang belum tampil sebagai juara, jangan berkecil hati karena penyelenggaraan kegiatan ini, bukan hanya mencari kemenangan semata, melainkan juga untuk menjalin silaturahmi dan evaluasi terhadap pembinaan umat Islam," ujarnya. “Kami dari pemerintah daerah terus mendorong kegiatan ini bisa kita laksanakan setiap tahunnya, diharapkan juga dilakukan evaluasi agar tahun depan kegiatan festival muharam ini lebih meriah lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Kabag Kesra Setkab Kukar H Suprianto dalam laporannya mengatakan Festival Muharam 1441 H dibuka pada tanggal 6,7 dan 9 September, dengan melakssanakan bebepapa lomba, yaitu habsy yang diikuti 21 regu, dan lagu religi diikuti 31 peserta. Sebelumnya, saat memasuku 1 Muharram panitia juga telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya Pawai Ta'aruf.

Adapun pemenang lomba untuk pawai Ta’aruf 1 Muharam 1441 untuk tingkat SD dimenangkan SDN 002 Tenggarong sebagai juara I, SDN 015 Tenggarong juara II, SD Muhammadiyah Tenggarong juara III, untuk tingkat SMP juara 1 dimenangkan oleh SMPIT Nurul Ilmi Tenggarong, Mts PPKP Ribathul Khail Tenggarong juara II, juara III dimenangkan Mts Negeri Tenggarong. Untuk Sekolah Menengah Atas, juara I dimenangkan SMAN I Tenggarong, juara II SMKN I Tenggarong, untuk juara III dari MAN 2 Tenggarong. Sedangkan untuk tingkat umum, juara I diraih oleh Satpol PP, juara II oleh Pondok Pasantren Tarbiyatul Quran Samboja dan juara III diraih dari LP khusus anak. Kepada para pemenang lomba diberikan penghargaan dan piala yang diserahkan oleh Bupati Edi Damansyah. (Yli-Medsi03)

Terkait

BERITA Lainnya