BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Kukar Hadiri Penyerahan SK Tora Bagi Masyarakat Kalimantan Oleh Presiden

date_range 09 September 2019 | Oleh : Medsi08
Bupati Kukar Hadiri Penyerahan SK Tora Bagi Masyarakat Kalimantan Oleh Presiden

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat menghadiri penyerahan SK Tora oleh Presiden Jokowi kepada masyarakat Kalimantan di Taman Dugelis Pontianak Kalbar.

PONTIANAK -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri penyerahan Surat Keputusan (SK) Tanah Objek Reforma Agraria (Tora) secara simbolis bagi masyarakat yang ada di Kalimantan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Taman Digulis Untan Pontianak Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (5/9/2019).

Untuk Kabupaten Kukar sendiri, SK tersebut diterima secara simbolis oleh dua wakil masyarakat Kukar yakni Amondi dan Tanjun, adapun luasan lahan yang diserahkan untuk daerah Kalimantan seluas 133 ribu Hektar bagi 5.200 Kepala Keluarga (KK). Sementara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengurai ketimpangan penguasaan lahan, serta guna memberikan kepastian hukum dalam penerbitan sertifikat tanah.

Ditambahkannya, adapun lahan yang akan diserahkan tersebut meliputi lahan perhutanan sosial, kawasan hutan dan transmigrasi. "Penyerahan SK Tora ini didasari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria dan Perpres Nomor 88 Tahun 2017 tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan," ucap Darmin Nasution.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan apa yang telah dilaksanakan tersebut merupakan proses yang dilakukan pemerintah dalam mendistribusikan lahan dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.
Ditambahkannnya, dirinya meminta kepada masyarakat yang telah menerima SK Tora tersebut untuk mengurus sertifikatnya di Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat. "Sebetulnya ini sudah kuat, namum kalo mau sertifikatnya urus lagi di kantor BPN," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan kepada pihak terkait untuk mengawasi lahan yang telah diserahkan tersebut satu persatu, apabila terdapat lahan yang telah diserahkan nampun tidak produktif dirinya tidak akan segan-segan untuk mencabut lahan kelola yang telah diserahkan tersebut. "Saya hanya titip itu saja, nanti saya akan perintahkan untuk cek satu-per satu apakah tanah-tanah yang ada betul-betul digunakan dengan produktif,” ucap Jokowi.

Untuk diketahui, Dalam kunjungan kerjanya tersebut Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, selain itu turut hadir pula pada kegiatan tersebut Gubernur Kalbar Sutarmidji, Gubernur kaltim Isran Noor, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dan beberapa bupati/wakil bupati diwilayah Kalimantan. (HendroAldino-Medsi08).

Terkait

BERITA Lainnya