BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Songsong IKN, PHRI Kukar Siap Tingkatkan SDM Anggotanya

date_range 09 September 2019 | Oleh : Medsi06
Songsong IKN, PHRI Kukar Siap Tingkatkan SDM Anggotanya

FOTO Kadispar Kabupaten Kukar Sri Wahyuni menyampaikan sambuta.

TENGGARONG –Dalam menghadapi tantangan kedepan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang ditunjuk sebagai Ibukota Negara (IKN) Indonesia. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan Pemkab Kukar dalam menghadapi perubahan yang akan segera datang, diantaranya keberadaan destinasi pariwisata yang ada di Kukar yang akan menjadi sorotan.

“Untuk itu kita sebagai pelaku pariwisata harus siap dengan semua tantangan kedepan, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini sangatlah penting dari sekarang, kami ingin melalui pengurus BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kukar yang baru saja dilantik ini bisa lebih meningkatkan SDM semua anggotanya melalui pelatihan – pelatihan untuk mempersiapkan SDM yang handal kedepan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni pada pelantikan dan pengukuhan pengurus BPC PHRI Kabupaten Kukar periode 2019 – 2024, di Hotel Grand Elthy Tenggarong, Rabu (4/9/2019).

Lebih lanjut dikatakannya sebagai penyelenggara kegiatan kepariwisataan, peranan SDM sangat penting. Dengan memanfaatkan SDM yang berkualitas tinggi, maka kegiatan-kegiatan kepariwisataan dapat menghasilkan pelayanan yang professional. “Guna menghasilkan SDM yang handal perlu adanya pelatihan dan memperbanyak jumlah pemandu wisata serta terus jalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak,” katanya.

Sri juga mengajak agar semua pengelola Hotel, Restaurant dan Café bisa memberikan informasi tentang wisata di Kukar melalui foto atau lukisan yang ditempel di dinding setiap lobby maupun di kamar hotel. “Sekarang kita melihat banyak lukisan – lukisan orang luar yang terpampang di hotel, restaurant dan café, sekarang ubahlah dengan foto atau lukisan tentang daerah wisata kita di Kukar ini, begitu pula dengan suvenir khas daerah Kukar bisa dipajang guna lebih memperkenalkan keciri khasan Kukar kepara wisatawan,” pinta Sri.

Sementara ketua BPC PHRI Kukar Ibnu Adnan Noor mengatakan PHRI siap mendukung semua program kepariwisataan di Kukar. Pihaknya akan terus meningkatkan SDM setiap anggotanya guna memajukan pariwisata Kukar. “Peningkatan SDM bagi kita semua wajib dilakukan Karena perkembangan jaman terus maju kedepan, kita harus mempertajam keahlian di bidang kepariwisataan, karena daerah kita ini akan menjadi Ibukota Indonesia yang nantinya pasti akan banyak menerima kunjungan dari orang luar daerah,”ucapnya.

Tak lepas dari semua tambahnya kerjasama antara semua anggota yang terkabung dalam PHRI sangat diperlukan guna memajukan pariwisata di Kukar.”Mari kita saling membantu dalam bahasa kutainya betulungan etam bisa untuk saling bersinergi satu sama lain menjadikan Kukar lebih maju lagi dibidang pariwisata menyongsong sebagai ibukota,” ajaknya. Turut hadir dalam acara Sekjen DPD PHRI Kaltim H M Zulkifli, Sekretaris Kedaton Kukar Awang Yakub Luthman dan seluruh anggota PHRI Kabupaten Kukar.(Medsi06)

Terkait

BERITA Lainnya