BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

TPID Kecamatan Muara Kaman Laksanakan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia

date_range 28 Agustus 2019 | Oleh : info.prokom/nsr/pj
TPID Kecamatan Muara Kaman Laksanakan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia

FOTO Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Muara Kaman hari ini, Rabu (28/08) selenggarakan pelatihan 1 hari Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan dibukka secara resmi oleh Camat Muara Kaman.

TENGGARONG -Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Muara Kaman hari ini, Rabu (28/08) selenggarakan pelatihan 1 hari Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan dibukka secara resmi oleh Camat Muara Kaman. Pelatihan KPM diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan 60 kader pemuda dari 20 desa yang berada di Kecamatan Muara Kaman. Kegiatan dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Muara Kaman dihadiri oleh Camat Muara Kaman Surya Agus, pejabat Kecamatan, Tenaga Ahli P3MD Kukar dan seluruh Kepala Desa yang ada di Muara Kaman.

Ketua Panitia pelatihan tersebut Ahmad Gozali mengatakan dalam laporannya bahwa tujuan dilaksankannya pelatihan ini adalah untuk percepatan pembentukan dan Pelatihan Keder Pembangunan Manusia serta Rembuk Stunting Desa dalam mendukung upaya pelaksanaan Konvergensi Pencegahan Stunting. Hal ini dikarenakan meningkatnya prevalensi stunting pada anak di Indonesia khususnya di Muara kaman yang menimbulkan kekawatiran bagi pemerintah.

Gazali menekankan tugas utama yang harus dilaksanakan oleh para kader yang mengikuti pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi pemetaan sosial guna mengidentifikasi status intervensi gizi-spesifik dan gizi sensitif pada rumah tangga yang memiliki ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0-23 bulan.

Kedua adalah memfasilitasi diskusi terarah untuk membahas permasalahan stuting di desa sampai dengan penyusunan kegiatan penanganan stunting dalam RKP dan APBDes. Ketiga adalah memfasilitasi pengukuran panjang/tinggi badan balita sebagai deteksi dini gejala stunting. Keempat adalah memonitor dan memastikan rumah tangga yang memiliki ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0-23 bulan untuk mendapatkan 5 paket pelayanan utama dalam penanganan stunting di Desa.

Camat Muara Kaman Surya Agus dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Muara Kaman sangat mendukung pelatihan ini. Surya Agus berharap kedepan pembangunan di desa-desa yang ada di Muara Kaman bisa berjalan dengan baik terutama pembangunan sumberdaya manusia agar program pemberantasan buta aksara yang telah dicanangkan karena kecamatan Muara Kaman dapat berjalan optimal. Menurut data statistik, Kecamatan Muara Kaman mendapatkan peringkat tertinggi se Kukar untuk persoalan buta aksara.

Surya Agus berharap semoga Kader-kader yang dimandatkan oleh masing-masing desa yang mengikuti pelatihan ini bisa belajar dan menyimak dengan baik seluruh pemateri yang akan mengisi acara pelatihan ini. Agar ilmu yang didapatkan dalam pelatihan tersebut bisa diaplikasikan di dalam masyarakat. Ditegaskannya bahwa sudah saatnya kader desa bisa turut serta dalam pembangunan desa agar kondisinya lebih baik lagi. Menurut Camat Surya Agus jika pembangunan di desa semakin baik, maka secara otomatis kecamatan juga akan baik pula. (info.prokom/nsr/pj)

Terkait

BERITA Lainnya