BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Tingkatkan Profesionalisme Guru Melalui Workshop K 13 Revisi Abad 21

date_range 28 Agustus 2019 | Oleh : Medsi09
Tingkatkan Profesionalisme Guru Melalui Workshop K 13 Revisi Abad 21

FOTO Plt Kepala Kantor Kemanag Kukar H Nasrun, saat membuka acara itu menyambut baik atas terselenggaranya workshop implementasi kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran abad 21.

TENGGARONG -Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru abad 21, Madrasah Ibtida'iyah Negeri (MIN) 1 Kutai Kartanegara menggelar workshop dengan tema implementasi Kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran abad 21, Sabtu (24/8) di pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong. Ketua Panitia acara itu, Sugianto mengatakan, diimplemntasikannya kurikulum 2013 pembelajaran abad 21 membawa konsekwensi guru yang harus semakin berkualitas dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, yang mana guru sebagai ujung tombak pembelajaran harus mampu merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran dengan baik.
"Maka atas dasar inilah kelompok kerja kepala madrsah di lingkup MIN 1 Kukar berinisiatif menggelar workshop dengan tema implementasi kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran abad 21," ujarnya. 

Dikatakannya, selain untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru abad 21, juga agar guru mampu merancang rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis Kuriulum 2013 terutama dalam pembelajaran abad 21. Kemudian, tujuan selanjutnya agar guru melaksankaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kurikulum 2013, serta mampu merancang instrumen, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik. 

Acara yang dilaksanakan hingga 27 Agustus 2019 itu pada hari pertama dilaksanakan di Pendopo Wabup, kemudian pada hari berikutnya digelar di lokasi kerja masing-masing peserta. "Hal ini sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan dengan menghadirkan produk yaitu sebuah perangkat pembelajaran yang dikoordinir langsung oleh tim pengembang kurikulum di sekolahnya asing-masing," ujarnya.

Adapun peserta yaitu para pendidik yaitu guru di Kukar, berjumlah 286 peserta berasal dari jenjang mulai RA, SD/MI, SMP/Mts baik negeri maupun swasta. Sementara Plt Kepala Kantor Kemanag Kukar H Nasrun, saat membuka acara itu menyambut baik atas terselenggaranya  workshop implementasi kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran abad 21. 

Dikatakannya dari tahun-ketahun terjadi loncatan teknologi luar biasa. Untuk itu menurutnya pendidik wajib mengikuti perkembangan zaman termasuk teknologi. Demikian juga dengan kurikulum, dari tahun ketahun arahnya sudah berubah. Yakni dari siswa diberi tahu, saat ini siswa yang mencari tahu. Dulu guru menjadi satu-satunya sumber belajar, sekarang bisa dari berbagai sumber. "Artinya siswa menjadi aktif dan kreatif,  hal ini harus kita sadari, untuk itu sangat penting para pendidik melakukan up date mengenai bagiama kegaiatan belajar mengajar di abad 21 ini," demikian ujarnya. (medsi09)

Terkait

BERITA Lainnya