BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Pemkab Kukar Terus Tingkatkan Pertanian

date_range 22 Agustus 2019 | Oleh : Medsi06
Pemkab Kukar Terus Tingkatkan Pertanian

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan bibit padi dan jagung kepada perwakilan kelompok tani.

TENGGARONG –Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan terus meningkatkan pertanian secara bertahap melalui insfrastruktur yang menunjang pertanian. Hal itu dikatakan Bupati Kukar Edi Damansyah pada acara uji coba mesin panen padi merk Kubota DC60 yang dirangkai dengan syukuran panen padi varietas Bagendit kelompok tani Rukun Makmur kelurahan Mangkurawang Tenggarong, di Sekretariat Gapoktan Sukodadi Spontan Mangkurawang, Selasa (20/8/2019).

Edi mengatakan, dari beberapa permasalahan yang ada di bidang pertanian, Pemkab Kukar akan fokus menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh para petani. Permasalahan tersebut akan diselesaikan secara bertahap. “Permasalahan ini akan coba kita petakan dan disusun solusi permasalahan ini satu persatu melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, baik mengenai irigasi dan sebagainya,” ujar Edi.

Edi kemudian berpesan kepada kelompok tani yang sudah menerima mesin panen padi dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu, agar bisa dipelihara dengan baik dan dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya, agar bisa memudahkan pekerjaan para petani agar jumlah panen bisa lebih meningkat. “Banyak kelompok tani yang akan memakai mesin panen ini, untuk itu pemeliharaan mesin sangat diperlukan, saling bekerjasamalah bersama – sama agar hasil yang diperoleh bisa didapat sesuai dengan harapan kita bersama,” pesannya. 

Harapan kedepan kata Edi agar para generasi muda bisa menjadi penerus di bidang pertanian dan tertarik untuk terjun di pertanian karena sektor pertanian sangat menjanjikan dan pekerjaan yang mulia. “Sekarang orangtua doanya bisa dibalik, karena dulu para orangtua berdoa agar anaknya tidak ikut menjadi petani sehingga banyak sekali para pemuda jauh dari pertanian, sekarang mari berdoa supaya anaknya bisa meneruskan pertanian dengan tekhnologi yang lebih modern,” ucapnya. Ia mengajak agar para pemuda mulai merubah pola pikirnya bahwasanya pertanian bukan hanya bergelut di dunia lumpur namun dijaman yang serba modern, pertanian sekarang bisa dikerjakan dengan mesin yang canggih manusianya hanya tinggal mengendalikanya. “Untuk itu diperlukan para pemuda sebagai garda terdepan untuk memajukan dunia pertanian kita,”pungkasnya.

Acara dirangkai dengan uji coba penggunaan mesin panen padi merk Kubota DC60 dan pemberian secara simbolis bantuan benih padi sawah di 10 Kelurahan dan 90 kelompok tani, serta benih jagung hibrida di Kelurahan Loa Ipuh pada kelompok tani Saka Makmur dan bantuan sarana produksi (Saprodi) pada 2 kelompok tani. Kemudian syukuran dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Camat Tenggarong Arfan Boma Pratama, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sutikno, PPL , dan para Ketua Gapoktan kelurahan Mangkurawang dan Loa ipuh. Dilanjut dengan peninjauan lantai jemur ultra violet kelompok tani Pandan Raya.(Medsi06)

Terkait

BERITA Lainnya