BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Perindag Kukar Gelar Edukasi Konsumen Cerdas Bagi Pedagang/Pengunjung Pasar

date_range 20 Agustus 2019 | Oleh : Medsi03
Perindag Kukar Gelar Edukasi Konsumen Cerdas Bagi Pedagang/Pengunjung Pasar

FOTO Kadis Perindagkop dan UKM Prop Kaltim Fuad Asaddin saat memberikan arahan dihadapan para peserta Edukasi Konsumen Cerdas Bagi Pengunjung/Pedagang Pasar Mangkurawang.

TENGGARONG –Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasai (Perindagkop) dan UKM Prop Kaltim menggelar Edukasi  Konsumen Cerdas Bagi Pengunjung/Pedagang Pasar Mangkurawang, Kegaiatan Edfukasai  di gelar di halaman Pasar  Mangkurawang Tenggarong, Selasa (13/8/2019).

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kaltim Fuad Asaddin saat membuka acara itu menjelaskan, tingkat pemberdayaan  konsumen di Indonesia relatif rendah, konsumen belum mampu memperjuangkan haknya sebagai konsumen, serta tidak mau menuntut haknya apabila merasa dirugikan.

“Melalui sosialisasin pada hari ini diharapkan wawasan dan pengetahuan konsumen khususnya di kalangan pengunjung dan pedagang dapat bertambah dan mau menuntut hanya apabila nanti dirugikan produsen,” ujar Fuad. Lebih lanjut Fuad mengatakan institusi perlindungan konsumen belum dimanfaatkan dan dikenal oleh masyarakat, hal  tersebut disebabkan jumlah lembaga perlindungan konsumen sedikit dan tidak merata, contoh di Kaltim hanya ada dua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yaitu  ada di Samarinda dan Berau serta kapasitas/kualitas lembaga tersebut masih rendah. Selain itu juga perilaku pengaduan konsumen Indonesia masih rendah.

“Fuad berharap para pengunjung dan pedagang di pasar Mangkurawang ini mengedukasikan ke teman – teman lainnya yang tidak mengikuti kegiatan ini, setelah mengikuti  kegiatan ini bisa lebih cerdas dalam hal berbelanja, untuk membeli barang sesuai kebutuhan serta membeli nproduk – produk dalam negeri,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara M Yusuf Pebriandi mengatakan maksud diadakannya kegiatan ini adalah terlindunginya hak – hak konsumen sebagaimana diamanatkan UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Sedangkan tujuan dari Edukasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kepedulian dan kesadaran konsumen akan hak – haknya, tumbuhnya sikap kritis, teliti agar konsumen terhindar dari ekses negatif peredaran barang yang merugikan konsumen, tumbuhnya sikap yang jujur dan bertangungjawab bagi pelaku usaha serta tersosialisasinya konsumen cerdas bagi pengunjung /pedagang pasar Mangkurawang.

Dikatakan M Yusuf peserta yang mengikuti Edukasi Konsumen cerdas ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari para pedagang dan pengunjung  pasar Mangkurawang Kab Kukar. Dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Perindagkop  dan UKM Prov Kaltim, Dinas Kesehatan Kab Kukar serta dari Perindag Kab Kukar.(Yli-Medsi03)

Terkait

BERITA Lainnya