BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Khidmat, Bupati Kukar Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI

date_range 19 Agustus 2019 | Oleh : Medsi02
Khidmat, Bupati Kukar Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI

FOTO Khidmat - Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki Risma Wahyuni (SMAN 2 Tenggarong. (Foto: Irwan)

TENGGARONG -Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diperingati dalam sebuah Upacara Parade yang dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah selaku Inspektur upacara (Irup). Upacara berlangsung tertib dan Khidmat di halaman Kantor Bupati Kukar, Sabtu (17/8/2019) pagi. Upacara tersebut diikuti oleh ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, Organisasai Masyarakat/Pemuda, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga personel TNI dan Polri.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 Wita itu diawali dengan pembacaan naskah Proklamasi RI oleh Ketua sementara DPRD Kukar Abdul Rasyid, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah. Usai mengheningkan cipta, upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kukar terdiri dari 35 pelajar SMA (18 putra dan 17 putri) hasil seleksi dari 18 kecamatan se-Kukar.

Para siswa/I anggota paskibraka tersebut didampingi 24 unsur dari TNI dari Artileri Medan (Armed) dan 24 anggota Polres Kukar dengan jumlah 48 orang. Sedangkan yang bertugas sebagai Komendan Upacara yaitu I Made Suryadinata dari Polres Kukar. Sementara itu bertindak sebagai komandan pasukan pengibar (Danpas) adalah Letda Arm, MOCH. Rozki K. H. S. T. Han dari Batalyon Armed 18/Komposit (Perwira baterai tempur A. Kemudian petugas pembawa baki sekaligus bertugas mengambil bendera dari tangan Irup yakni Risma Wahuni siswi utusan SMAN 2 Tenggarong.

Adapun yang bertugas membentangkan atau mengibarkan bendera merah putih yaitu Miftahul Zidan Gymnastiar siswa SMA Negeri 2 Kutai Kartanegara dan Busman Samkar dari SMK Negeri 1 Marangkayu (Pembentang) dan pembawa bendera (tengah) Candra Pitrian Putra dari SMA Negeri 1 Sebulu. “Saya mengapresiasi atas lancar dan suksesnya upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-74 tahun ini,” kata Edi Damansyah usai upacara HUT RI. Turut hadir dalam peringatan tersebut para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota DPRD Kukar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas/instansi dilingkungan pemkab Kukar, tokoh masyarakat, veteran dan pimpinan organisasi masyarakat lainnya. (Medsi02**)

BERITA Lainnya