BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Penyuluh Bangun Demplot Untuk Sekolah Lapangan Bagi Petani

date_range 12 Agustus 2019 | Oleh : info.Prokom/Rian/Ey
Penyuluh Bangun Demplot Untuk Sekolah Lapangan Bagi Petani

FOTO Demplot pertanian dibuat sebagai wadah pembelajaran bersama antara penyuluh dan petani untuk kemajuan pertanian di beberapa wilayah.

TENGGARONG -Para penyuluh pertanian di Kukar membangun beberapa demplot pertanian di beberapa kecamatan, yang nantinya sebagai sekolah lapangan bagi petani yang ingin melakukan inovasi di bidang pertanian. "Demplot pertanian dibuat sebagai wadah pembelajaran bersama antara penyuluh dan petani untuk kemajuan pertanian di beberapa wilayah", ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan(Distannak) Kukar, Sutikno, kepada Media ini diruang kerjanya.

Demplot yang dibuat, nantinya akan diketahui cara pemupukan yang baik pada varites tertentu, sistem pengairan yang seimbang. Demplot yang paling banyak dibuat adalah demplot padi Ciherang atau jenis IR 64 karena banyak disukai masyarakat. "Hasil padi Ciherang pulen dan tingkat kerentanan terhadap hama juga minim, jika pemeliharaan terjaga maka bisa menghasilkan padi mencapai 6 ton per hektarenya," ujarnya.

Selain pengembangan jenis padi unggulan, Distannak juga mempertahankan budidaya varites padi yang menunjukan ciri khas kukar karena kearifan lokalnya, seperti padi Mayas atau gunung, yang biasa di kembangkan oleh masyarakat asli kutai. "Padi Mayas sangat terkenas sampai di Jawa, bahkan sudah diteliti di balai besar padi yang ada di Jawa Barat", paparnya. Kedepannya, target Distannak menurut Sutikno, dengan membuat kawasan holtikultura di kukar, agar nantinya kukar bukan hanya terkenal padinya saja, akan tetapi terkenal dengan tanaman pangan lainnnya.

"Kita sudah punya kawasan Kelengkeng di Ambarawang laut Samboja, serta tanaman bawang di Tenggarong Seberang, dan beberapa kawasan andalan lainnya akan dikembangkan berbagai jenis tanaman pangan", pungkasnya.(info.Prokom/Rian/Ey)

Terkait

BERITA Lainnya