BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri Dispora Kukar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Pemuda

date_range 05 Agustus 2019 | Oleh : info.prokom/nsr/pj
Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri Dispora Kukar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Pemuda

FOTO Sunggono: Kehadiran para wirausahawan muda yang memiliki usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar.

TENGGARONG -Bidang Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar melalui Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda dan mahasiswa yang berkeinginan membuat usaha atau yang ingin mengembangkan usaha. Pelatihan dilaksanakan hari ini, Sabtu (3/8) di Ruang Serba Guna Dispora Kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang selama 1 hari dengan tema Pelatihan Kewirausahaan Pemuda dengan Local Wisdom Approch Menyongsong Era Revolusi Industri.

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 105 orang yang terdiri dari organisai pemuda atau komunitas pemuda wirausaha 60 orang dan para mahasiswa yang berwirausaha atau pun akan berwirausaha 45 orang. Para peserta akan dilatih oleh Rifyanto Bakrie dari Yayasan El Rahma Samarinda.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kukar Sunggono dan dihadiri oleh Kepala Dispora Kukar, Sekretaris Dispora, para Kabid dan para pengusaha muda Kukar yang telah berhasil, para pemuda calon pengusaha dan pengusaha pemula. Kabid Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Aji Ali Husni mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kecakapan hidup bagi para pemuda-pemuda yang potensial.

Kegiatan pelatihan kewirausahaan pemuda berisi motivasi wirausaha kepada para pemuda dan mahasiswa serta peningkatan dan pengembangan pengetahuan dan wawasan sehingga mereka bisa memiliki minat, fokus serta antusias untuk menjadi pemuda yang mandiri dengan berwirausaha. Aji Ali Husni melanjutkan, tujuan kegiatan ini agar motivasi para pemuda untuk berwirausaha meningkat, mengembangkan wawasan pengetahuan tentang dunia usaha, membuka mindset para pemuda dan mahasiswa untuk menjadi seorang enterpreneurship dan menambah pengetahuan tentang branding usaha promosi di media sosial.

Sunggono yang membacakan sambutan Bupati Kukar menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya pelatihan kewirausahaan pemuda oleh Klinik WPM Dispora Kukar. Terlaksananya kegiatan positif ini artinya ikut andil dalam mengembangkan sumber daya manusia di Kukar. Karena hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kukar yakni menuju masyarakat yang semakin sejahtera, mandiri dan unggul. Sunggono mengatakan pemuda Kukar sebagai insan yang kaya akan ide, gagasan, kreativitas dan inovasi dengan melihat potensi daerah dan memanfaatn kemajuan teknologi, diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru di Kukar.

Menurut Sunggono, kehadiran para wirausahawan muda yang memiliki usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar. Dari total UMKM yang ada di Indonesia memiliki pangsa pasar sekitar 99% dengan menyerap 107,2 juta tenaga kerja. Mengingat potensinya yang sangat besar yang mempengaruhi perekonomian nasional, maka geliat berwirausaha harus terus dikembangkan secara profesional dan mengikuti pekembangan era revolusi industri dan juga terus mengoptimalkan potensi kearifan lokal.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda Sunggono berpesan kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan sungguh-sungguh untuk menggali ilmu pengetahuan yang berguna untuk mengembangkan usaha agar para pemuda Kukar semakin maju dan mandiri. (info.prokom/nsr/pj)

Terkait

BERITA Lainnya