BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

TPID - DPMD Gelar Bursa Inovasi Desa

date_range 18 Juli 2019 | Oleh : info.prokom
TPID - DPMD Gelar Bursa Inovasi Desa

FOTO Sekda Kukar Sunggono : program inovasi desa ini merupakan salahsatu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawacita kehidupan untuk mencapai program pemerintah bagi masyarakat.

TENGGARONG -Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Tim Program Inovasi Desa (TPID) menggelar bursa inovasi desa di Kantor Dispora Kukar Gedung Beladiri Kompleks Olahraga Aji Imbut Tenggarong Seberang pada hari ini Rabu (17/07).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaltim dihadiri pula oleh Sekda Kukar Sunggono yang mewakili Bupati Kukar, Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Anggota DPRD Kukar, Sekretaris Dispora Kukar, Para Camat dari empat kecamatan peserta, para kepala Desa dan Ketua BPD serta seluruh konsultan pendamping desa dari masing-masing peserta BID.

Ketua Panitia Yayuk Sehati menyampaikan bahwa BID merupakan salah satu kegiatan pameran yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat dan desa yang dinilai inovatif dan pembaharuan. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai ajang pertukaran pengetahuan, memperluas kegiatan inovatif serta memperluas keberadaan penyediaan jasa pelayanan teknis bagi masyarakat desa. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi desa untuk melakukan adaptasi dengan sumber dana yang ada didesa masing-masing melalui pembiayaan APBD desa dan difasilitasi oleh pendamping desa.

Kepala DPMD Kaltim dalam sambutannya mengatakan melalui program inovasi desa diharapkan masyarakat desa mampu melakukan inovasi serta meningkatkan pengetahuan agar mampu bersaing dengan desa lain yang telah maju. Keberadaan tenaga pendamping desa juga diharapkan mampu membina dan memberikan ide-ide bagi masyarakat desa dalam menyusun anggaran desa agar mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat setempat.

Sekretaris Daerah Sunggono yang membacakan sambutan Bupati Kutai Kartanegara mengatakan bahwa program inovasi desa ini merupakan salahsatu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawacita kehidupan untuk mencapai program pemerintah bagi masyarakat.

Sekda Sunggono berharap dalam pelaksanaan bursa inovasi desa dapat memberikan motivasi dan inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa agar kedepan dapat semakin mandiri dalam ekonomi yang ditopang oleh berbagai BUMDes yang ada didesa-desa. Ditekankannya bahwa inovasi desa ini bertujuan untuk mendongkrak dan membangkitkan semangat dalam melakukan hal-hal terkait pembangunan desa.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) ini diikuti empat kecamatan yakni Kecamatan Tenggarong, Sebulu, Muara Kaman dan Tenggarong Seberang sebagai tuan rumah. Peserta BID diwakili oleh Kades, Ketua BPD dan tokoh masyarakat serta para pendamping desa dari masing-masing peserta. (info.prokom/nsr/pj)

Terkait

BERITA Lainnya