BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Proper Diklatpim IV Angkatan II Kelas Kukar Hasilkan Peta Batas RT di Kecamatan Loa Kulu

date_range 17 Juli 2019 | Oleh : info.prokom/pj
Proper Diklatpim IV Angkatan II Kelas Kukar Hasilkan Peta Batas RT di Kecamatan Loa Kulu

FOTO Penyerahan Peta Batas RT di Kecamatan Loa Kulu.

Peserta Diklatpim IV angkatan II Kelas Kutai Kartanegara tahun 2019 dituntut untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah daerah Kabupaten Kutai Kartanegara. Demikian juga yang dilakukan oleh salah seorang peserta Diklatpim IV Khairuddinata, S. IP., M. Si. yang merupakan Kasi Pemerintahan di Kantor Camat Loa Kulu. Inovasi yang dilakukannya adalah dengan membuat petas batas 11 RT di wilayah Desa Panoragan, Sumber Sari dan Sepakat di Kecamatan Loa Kulu. Teknik yang dilakukannya adalah dengan mengombinasikan data GPS dengan petra citra satelit.

Inovasi tersebut diberi nama TABASAN RT (Penataan Batas Administrasi RT). Untuk mewujudkan konsepnya, Khairuddinata membentuk tim proyek perubahan melaluiSurat Keputusan Camat Loa Kulu Nomor:800/721.B/CLK/V/2019 Tanggal 23 Mei 2019 Tentang Pembentukan Tim Proyek Perubahan TABASAN RT. Proyek tersebut dikerjakan selama 60 hari melalui tahapan persiapan, pembentukan tim, pemaparan kepada Pemerintah Desa, pelacakan di lapangan, dan pemetaan batas administrasi RT di 3 desa di Loa Kulu.

Camat Loa Kulu H. Ardiansyah, S.H. mengatakan bahwa penataan batas administrasi RT merupakan salah satu usaha penting yang dapat dilakukan dalam pengendalian dini terhadap konflik terkait masalah klaim batas administrasi, sengketa penguasaan tanah antar masyarakat ataupun dengan pihak perusahaan, dan pengelolaan aset sumberdaya alam di wilayah perbatasan administrasi RT.

Ardiansyah mengatakan dalam implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), penataan batas administrasi RT sangat diperlukan untuk mengetahui potensi masing-masing wilayah RT dan memudahkan dalam perencanaan program pembangunan yang tepat sasaran.

Khairuddinata berharap proyek yang telah selesai dikerjakan yang ditandai dengan penyerahan peta batas RT di 3 desa tersebut dapat dilanjutkan hingga mencakup seluruh RT yang ada di Kecamatan Loa Kulu. Khairuddinata berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan membantu proyek tersebut dalam semua tahapan yang telah dilalui. (info.prokom/pj)

Terkait

BERITA Lainnya