BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Enam Tim PORA Kecamatan Dikukuhkan Kemenkumham Kaltim

date_range 26 Juni 2019 | Oleh : Info.Prokom
Enam Tim PORA Kecamatan Dikukuhkan Kemenkumham Kaltim

FOTO Kepala Dinas Tenaga Kerja Kukar Hamli saat membacakan sambutan Bupati.

TENGGARONG -Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI Kantor Wilayah Kalimantan Timur , Kantor Imigrasi Kelas I TPI Samarinda membentuk dan mengukuhkan enam Tim Pengawasan Orang Asing ( Tim PORA) untuk enam kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara yaitu Kecamatan Loa Janan, Loa kulu, Muara kaman, Sebulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang, bertempat di Pendopo Wakil Bupati Kukar Tenggarong, Rabu (26/06).

Acara yang diikuti oleh para Camat, Kades, Polres Kukar, TNI, serta Babinsa dan pejabat eselon dari Dinas Tenaga Kerja ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Hamli, sekaligus membacakan sambutan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah.

Tidak hanya pembentukan, dalam kegiatan ini juga diberikan pembekalan kepada Tim Pora terkait sejak diberlakukannya kebijakan bebas visa bagi warga asing ke Indonesia sehingga dirasakan perlunya kewaspadaan dan kesiapan segenap aparatur pemerintah dan juga masyarakat umum. Tujuan pembentukan Tim PORA ini adalah deteksi dini untuk mempermudah pertukaran informasi diwilayah kecamatan maupun kelurahan terhadap keberadaan orang asing yg berada diwilayah setempat.

Pembentukan Tim Pora diharapkan dapan meningkatkan sinegritas antara instansi pemerintah terkait dengan permasalahan orang asing. Sinegritas ini sendiri akan tercapai bila masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam pengawasan orang asing, termasuk bekerjasama dengan pihak-pihak kementrian luar negeri maupun lembaga-lembaga lain sesuai dengan tugas dan fungsi kementrian dan lembaga, serta berperan aktif dalam meningkatkan intensitas komunikasi dan kolaborasi dari berbagai kegiatan di lapangan.(info.prokom.JR.NH)

Terkait

BERITA Lainnya