BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Jemput Bola ke Kecamatan

date_range 26 Juni 2019 | Oleh : Medsi07
Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Jemput Bola ke Kecamatan

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah saat melakukan peninjauan terhadap pelayanan kependudukan di Disdukcapil, belum lama ini. (Foto: Irwan)

TENGGARONG -Sebanyak 13 ribu orang dari 476 ribu orang wajib KTP (Karu Tanda Penduduk) yang tersebar di 18 Kecamatan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sampai saat ini belum melakukan rekam elektronik KTP (e-KTP). Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar, Yasmet, Senin (24/6/2019).

“Ya, menyikapi masih banyaknya warga belum melakukan rekam e-KTP, Disdukcapil melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi warga di masing-masing kecamatan,” katanya. Menurut Yasmet, upaya jemput bola tersebut sangatlah efektif dan dapat meningkatkan kesadaran bagi warga dalam mengurus semua dokumen terkait kependudukan, terutama dalam perekaman data personal e-KTP.

“Inilah salah satu langkah cepat yang saat ini sedang dijalankan, mengingat perekaman data penduduk sangat penting dan tidak dapat diwakilkan terutama dalam perekaman data sidik jari, iris mata dan tanda tangan,” ujarnya. Dijelaskan dia, proses perekaman dan cetak e-KTP sendiri hanya memakan waktu yang singkat yakni sekitar 3 menit, sesudah data masuk dan diolah oleh pusat secara lengkap. “Setelah semua proses terpenuhi dilanjutkan dengan proses pencetakan e-KTP dan langsung diantarkan ke warga yang bersangkutan melalui kepala desa setempat," katanya.

Ditambahkan Yasmet mengakui ada kendala dengan keterbatasan blanko e-KTP, bahkan sempat melakukan cetak e-KTP di pusat sebanyak 40 ribu keping untuk keperluan pemilu lalu. “Kendati demikian, kita terus berupaya agar semua warga wajib e-KTP dapat melakukan perekaman. Saat ini juga sudah ada penambahan alat cetak yang tadinya 3 unit sekarang menjadi 11 unit,” jelasnya. (Medsi07)

Terkait