BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Sungai Belayan Meluap, Kembang Janggut dan Tabang Dilanda Banjir

date_range 21 Juni 2019 | Oleh : Info.Prokom/Team/pj
Sungai Belayan Meluap, Kembang Janggut dan Tabang Dilanda Banjir

FOTO Banjir sepinggang orang dewasa

TENGGARONG - Fenomena alam berupa curah hujan yang tinggi dengan durasi panjang hingga tanggal 21 Juni 2019 mengakibatkan beberapa desa di Kecamatan Kembang Janggut dan Tabang di Kabupaten Kutai Kartanegara terendam banjir akibat meluapnya Sungai Belayan.

Di Kecamatan Kembang Janggut wilayah yang terdampak adalah Desa Long Beleh Haloq dan Pulau Pinang. Banjir di Desa Long NBeleh Haloq di RT 1, 2 dan 3 dilaporkan mencapai ketinggian melebihi lutut dan pinggang orang dewasa. Sedangkan akses dari Dermaga Pulau Pinang menuju Desa Long Beleh Haloq ketinggian air melebihi orang dewasa.

Di Kecamatan Tabang wilayah terdampak banjir adalah Desa Sidomulyo dan Tabang Baru dengan ketinggian air mencapai 50 hingga 70 centimeter.

Saat ini pihak Koramil, Babinkamtibmas,
Pemerintah Desa, dan warga sekitar saling membantu untuk mengevakuasi masyarakat dan barang-barang dengan menggunakan perahu tradisional. Pihak pemerintah menghimbau kepada warga agar selalu waspada dan siaga jika ketinggian air meningkat dan segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

Mereka yang memiliki rumah panggung tinggi, masih bertahan di rumah masing-masing. Namun meski banyak rumah terendam, warga tetap tenang dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa, yakni mencari ikan walapun banjir telah menutupi separuh jalan di desa tersebut. (info.prokom/team/pj)