BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Resmikan Pela Sebagai Desa Wisata

date_range 19 Juni 2019 | Oleh : Medsi05
Bupati Resmikan Pela Sebagai Desa Wisata

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah, saat melakukan penandatanganan prasasti sebagai ditetapkan Desa Pela sebagai Desa Wisata di Kecamatan Kota Bangun.

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, meresmikan Desa Pela sebagai Desa di Kabupaten Kukar. Peresmian itu dilaksanakan di tepi Danau Semayang Desa Pela Kecamatan Kota Bangun, Minggu (16/6) yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Edi Damansyah menyampaikan rasa bangga, dan apresiasi yang kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, yang telah mampu membangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan unsur Pemerintahan Desa Pela, baik Pemerintah Desa maupun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lembaga Desa lainnya, sehingga acara itu dapat berlangsung dengan baik.

Menurut Edi, dukungan yang kuat dari Kepala Desa, lembaga masyarakat desa dan segenap warga masyarakat lainnya, menjadi modal dasar yang mengantarkan Pela menjadi Desa Wisata ke-tiga yang diresmikan di Kabupaten Kukar, setelah Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu pada 2014 dan Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun pada 2016.

Menurutnya, kegiatan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh jajaran Pemkab Kukar melalui Dinas Pariwisata lebih merupakan peletak dasar dan pendampingan bagi spirit pengembangan Desa Wisata. Selebihnya, terwujudnya Desa Wisata ini sangat dipengaruhi oleh keaktifan dan semangat membangun desa, dari jajaran lembaga penggerak masyarakat desa beserta masyarakatnya. Oleh karena itu melalui peresmian Desa wisata ini, saya berharap masyarakat Desa Pela, selaku pemilik Desa sekaligus tuan rumah bagi para pangunjung, agar terus berupaya.

mewujudkan sadar wisata, dengan menerapkan program Sapta Pesona. Yakni memujudkan lingkungan desa yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan serunya. Edi meminta meminta agar dikembangkan terus paket-paket wisata yang unik, kreatif dan khas Desa Pela, dengan penyediaan homestay (merupakan rumah masyarakat yang ingin ditumpangi ataupun disewa oleh wisatawan ) yang memenuhi standar yang telah ditetapkan, penyajian kuliner yang nyaman, bersih dan higenis, serta petugas pemandu wisata yang ramah dan mumpuni dalam mengenalkan berbagai informasi wisata di Desa Pela dan sekitarnya. 
Saya mendapat laporan bahwa dalam dua tahun sejak pembentukan Pokdarwis pada 2017 lalu, Pokdarwis Bakayuh, Baumbai dan Babudaya (3B) ini sudah mampu menghasilkan berbagai kegiatan wisata, dan memiliki aset-aset penunjang paket wisata seperti perahu motor, dan perlengkapan wisata pantai lainnya di tepi Tanjong Tamanoh, baik melalui penyediaan dari hasil kegiatan wisata, maupun bantuan dari OPD terkait di Kabupaten Kukar dan Propinsi Kaltim.

Dan berkat sentuhan dari Pokdarwis 3B Pela, kini Tanjong Tamanoh menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di sekitar Danau Semayang," pungkasnya. Kemudian hadir dalam acara tersebut, Asisten II Sukhrawardy, Kadis Pariwisata Sri Wahyuni, Kadis Kesehatan Martina Yulianti, Kepala Bappeda Wiyono, Kadis Tanaman Pangan Khairil Anwar, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Sutikno, Plt Kadis Perikanan dan Kelautan Dadang. Dan hadir pula Camat Kota Bangun Mawardi, Sekcam Kota Bangun Zulkifli beserta Unsur Muspika Kota Bangun dan tokoh agama serta tokoh masyarakat. (Abdul Rahman/Medsi05)

Terkait

BERITA Lainnya