BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Resmikan Desa Bhuana Jaya Jadi Percontohan Kampung KB

date_range 22 Mei 2019 | Oleh : Medsi03
Bupati Resmikan Desa Bhuana Jaya Jadi Percontohan Kampung KB

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah saat meresmikan Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Percontohan.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meresmikan  Dusun Pulau Mas  Desa  Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Percontohan. Acara digelar di panggung kesenian Desa Bhuana Jaya , Minggu (19/5/2019). Edi Damansyah mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Pulau Mas yang menjadi desa pencontohan Kampung KB, pemilihan  Kampung KB Percontohan ini telah melalui proses dan tahapan yang sesuai prosedur serta dengan pertimbangan semua aspek baik input maupun output, sehingga layak untuk dijadikan kampung KB Percontohan. “Hingga saat ini ada 37 Kampung KB yang tersebar di 18 kecamatan, satu diantaranya di Dusun Pulau Mas, Desa Bhuana Jaya Tenggarong Seberang,” ujarnya.

Suksesnya pencanangan Kampung KB Percontohan itu, menurutnya tidak terlepas dari peran serta Kepala Desa dan para kader kesehatan juga Penyuluh Lapangan KB, Kelompok Kerja Teknis (Pokjanis) yang bertugas, serta masyarakat yang ikut mendukung. "Sebagai desa percontohan tentunya harus siap menjadi pioner perubahan dan contoh pelaksanaan Kampung KB yang terintegrasi dengan seluruh sektor lainnya," ujarnya.

Edi berharap Desa Bhuana Jaya tidak hanya jadi percontohan Kampung KB, akan tetapi juga dengan sistem pemerintahannya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kampung KB menurutnya tidak hanya fokus pada permasalahan ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakatnya agar berperan nyata dalam pembangunan, sehingga terjadi peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Salah satunya adalah kesejahteraan  masyarakat bisa terpenuhi misalnya mewujudkan ketersediaan air bersih dan jalan berlubang agar diperbaiki. “Saat ini saya menerima kritikan masalah jalan di Tenggarong Seberang ini masih banyak jalan yang rusak,” ujarnya.

Edi juga berpesan kepada Kades Bhuana Jaya agar terus melakukan inovasi untuk kemajuan desanya dengan melibatkan komponen masyarakat. “Kades jangan berpikir yang berlebihan, yang penting fokuskan untuk memenuhi hajat hidup masyarakat, sumber pendanaan desa fokus digunakan untuk pengentasan kemiskinan,” pungkasnya. Sementara itu Pejabat (Pj) Kades Bhuana Jaya Suwondo mengatakan, Dusun Pulo Mas terdiri 7 RT, namun 6 RT lainnya sudah teraliri listrik PLN dan air bersi dari PDAM, RT 6 sendiri dihuni sekitar 40 kepala keluarga (kk) atau 170 jiwa. “Lewat program dari desa dan komitmen perusahaan setempat, wilayah RT 6 dideklarasikan sebagai kampung KB. Sebagai kampung KB, wilayah RT 6 tak hanya jadi sasaran  program 2 anak cukup, tapi juga keluarga terencana,” ujarnya.

Pencanangan Percontohan Kampung KB ditandai dengan penandatanganan Prasasti Kampung KB Percontohan, penandatanganan serah terima bedah rumah oleh CSR  PT KPUC kepada Kades Bhuana Jaya Sowondo. Turut hadir dalam acara tersebut,Kepala Perwakilan  BKKBN Prop Kaltim H Akhamd Takdir, Perwakilan CSR PT JMB Tetti, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Mastukah, Camat Tenggarong Seberang Suhari, Kades Bhuana Jaya Sowondo serta undangan lainnya.(Yli-Medsi03)

Terkait

BERITA Lainnya