BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Buka Pelatihan Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kukar

date_range 08 Mei 2019 | Oleh : Medsi03
Bupati Buka Pelatihan Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kukar

FOTO Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka pelatihan satuan tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwarcab Kukar.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka pelatihan satuan tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwarcab Kukar, yang digelar oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kukar, di asrama atlet kompleks olahraga Aji Imbut Tenggarong Seberang, pekan tadi.

Dalam sambutannya Edi mengatakan, sebagai organisasi mitra Pemerintah, Gerakan Pramuka adalah bagian yang tidak bisa terlepas dari tugas dan kewajiban Pemerintah terhadap pelayanan masyarakatnya, secara khusus pelayanan perlindungan dan penanggulangan terhadap bencana. “Penangulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan seluruh unsur serta lapisan masyarakat, organisasi mitra Pemerintah, organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan termasuk perguruan tinggi swasta dan dunia usaha, ”ungkap Edi.

Edi mengatakan, relawan yang memiliki jiwa sukarela dan gemar membantu masyarakat dalam hal penanggulangan bencana, tugas dan fungsinya adalah bersiap siaga dan membekali diri dengan kemampuan standar teknis penanggulangan bencana, setiap anggota relawan dalam melakukan kegiatan pencegahan bencana, penanganan tanggap darurat dan rehabilitasi senantiasa mengutamakan profisioanalisme.

“Saya harap relawan dari anggota satgas Pramuka peduli Kwarcab Kukar maupun relawan pemuda masyarakat yang mengikuti pelatihan baik dari kelurahan di Tenggarong, agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku, mengabdi dengan suka rela serta jangan mengharapkan imbalan atau honor dari apa yang telah dilakukan,” ujarnya.

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kukar agar selalu meningkatkan perannya dalam peningkatan kapasitas kepemudaan di Kukar, dalam hal pengentasan kemiskinan dan pengentasan pengganguran pemuda usia produktif, dengan memberikan kesempatan yang tinggi dalam memperoleh pelatihan – pelatihan kewirausahaan pemuda, serta memfasilitasi kegiatan Gerakan Pramuka dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan yang positif.

Diakhir sambutannya Edi secara khusus mengucapkan terimakasih kepada manajamen perusahaan PT Pertamina Hulu Sangasanga yang menjadi pelatih dan narasumber pada pelatihan Satgas ini. 
Kepada peserta pelatihan, Edi mengimbau agar mengikuitinya dengan baik dan tertib, bisa menjadi pendamping atau menjadi pelatih di lingkungannya masing-masing, agar bisa memberikan pemahaman bagaimana jika terjadi bencana.

Pelatihan ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan penyerahan Kit Pelatihan kepada perwakilan peserta pelatihan yang dilakukan Bupati Edi Damansyah. Pelatihan Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kutai Kartanegara dihadiri Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Timur H Hatta Zainal, unsur Forkopimda Kukar, para pelatih dari PT Pertamina Hulu Sangasanga, Ketua Kwartir Ranting se Kukar, pelatih dari Pusdiklat Kukar serta undangan lainnya.(Yli-Medsi03)

Terkait