BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Ramadan, Pemkab Kukar Sesuaikan Jam Kerja

date_range 02 Mei 2019 | Oleh : medsi09
Ramadan, Pemkab Kukar Sesuaikan Jam Kerja

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah minta ASN tetap menjaga disiplin kerja selama Ramadan dan berharap, para pegawai tidak bermalas-malasan berkerja dan tetap memberikan pelayanan yang baik.

TENGGARONG -Selama menjalankan Puasa Ramadan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengatur jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan suci tersebut, sesuai instruksi dari pemerintah pusat. Bupati Kukar Edi Damansyah melalui surat edaran nomor B-850/ORG/TL/061-2/04/2019 menyebutkan, selama Ramadan 1440 Hijriyah, jam kerja PNS berubah, yakni hari Senin sampai Kamis mulai masuk kerja pukul 08.00 dan pulang 15.30 Wita setiap harinya. Untuk Jumat, masuk kerja pukul 08.00 wita dan pulang pukul 10.30 wita. "Sehingga jam kerja efektif dalam seminggu berjumlah 32,5 jam," ujarnya.

Pengaturan jam kerja ASN tersebut berdasarkan Keputusan Presien RI nomor 68 tahun 1995 tanggal 27 September 1995, Keputusan Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI nomor 08 tahun 1996, surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 394 tahun 2019 tentang Penetapan Jam Kerja pada bulan Ramadan 1440 H, serta surat edaran Gubernur Kaltim Nomor 061.2/2455/Org.

Selama Ramadan, apel pagi ditiadakan, absensi elektronik (sidik jari) tetap diberlakukan sebagaimana biasa, dan absensi hadir bekerja tetap dilaksanakan di ruang kerja masing-masing, dengan mengacu pada ketentuan jam kerja selama Ramadan. Edi juga menegaskan, ASN diminta tetap menjaga disiplin kerja selama Ramadan dan berharap, para pegawai tidak bermalas-malasan berkerja dan tetap memberikan pelayanan yang baik.

"Aturan ini dibuat untuk menyeimbangkan antara bekerja dan beribadah. Saya juga meminta agar ASN tetap memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat selama Ramadan," katanya. Bagi unit kerja yang menyelenggarakan pelayanan umum kepada masyarakat, agar dapat menyesuaikan sehingga perubahan jam kerja tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat. (medsi09)