BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Permudah Layanan Informasi, Diskominfo Munculkan Mekes

date_range 24 April 2019 | Oleh : Medsi07
Permudah Layanan Informasi, Diskominfo Munculkan Mekes

FOTO adiskominfo Kukar Bahteramsyah saat memaparkan Inovasi MEKES pada Ajang Gelar Manajemen Perubahan Generasi III.

TENGGARONG -Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Kominfo, membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Guna memudahkan urusan tersebut, Diskominfo Kukar melakukan terobosan baru, mengoptimalkan fungsi teknis dalam memberikan pelayanan internal dan eksternal pemerintah yang diformulasikan melalui Media Komunikasi Terintegrasi (Mekes).

“Formulai baru ini dalam mengoptimalkan fungsi teknis Diskominfo membangun sebuah sistem pengelolaan informasi dan komunikasi yang saling menunjang dan terintegrasi, efektif dan efisien, secara bersamaan diberbagai media yang diformulasikan melalui Inovasi Mekes,” kata Kadiskominfo Kukar Bahteramsyah dalam Ajang Gelar Manajemen Perubahan Generasi III, disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda Kukar Sunggono, Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD), serta Tim Reformasi Birokrasi (RB) Pemkab Kukar, di Ruang Serbaguna Bappeda, Tenggarong, belum lama ini.

Dijelaskan Bahteramsyah, Mekes merupakan suatu sarana komunikasi yang terintegrasi dengan menggunakan semua media yang dapat dijadikan sarana komunikasi dan interaksi untuk menyampaikan informasi kebijakan pemerintah dan mendengarkan serta menerima informasi, dan menyalurkan aspirasi masyarakat kedalam kebijakan pemerintah, atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator dalam hal ini pemerintah kepada mayarakat untuk membangun persamaan persepsi terhadap kebijakan pemerintah. “Jadi adanya Mekes ini dapat juga di jadikan sarana sebagai corong atau jendela yang sangat mungkin untuk bisa menyampaikan dan mendengar serta melihat lingkungan yang lebih jauh, penyediaan sarana yang dibarengi pengelolaan informasi untuk membangun opini dan persamaan persepsi masyarakat terhadap kebijakan daerah,” katanya.

Dijabarkan Bahteramsyah, melalui Mekes semua hasil pengelolaan informasi yang akan disajikan pada masyarakat disampaikan sesuai konten dan sarana media yang sudah disiapkan untuk mencakup dan menjangkau semua lapisan masyarakat. Diantaranya meliputi, Media Televisi (saluran TV jejaring Kota Raja Chanel), Media Televisi berjejaring (Bermitra TV Kabel), Media Video (produksi konten), Media Radio (Radio FM), Media sosial tulis (FB Kominfo Kukar). Kemudian Media Sosial streaming FB RPK Live Tenggarong), Media komunikasi komunitas hingga media kemitraan dan lainnya. “Dibentuknya Mekes ini juga untuk menjawab tantang luasnya rentang kendali wilayah Kukar. Dengan rentang kendali dan kondisi geografi wilayah yang luasnya 27.263,10 Km persegi yang terdiri dari 193 desa, 44 kelurahan dan 18 Kecamatan, perlu strategi komunikasi untuk menjangkau wilayah tersebut,” ujarnya.

Adapun tujuannya, mengintegrasikan sistem komunikasi melalui multimedia berbasis internet dan media melalui komunikasi massal atau komunitas serta media jejaring melalui berbagai sarana media sosial memudahkan penyampaian informasi yang tepat kepada masyarakat. “Semoga dengan kemunculan inovasi Mekes yang sudah dirancang oleh Bidang Pengelolaan Kebijakan Publik (PKP) akan mendorong terwujudnya sistem komunikasi masal, termasuk jejaring berbagai sarana media sosial berjalan baik, tepat waktu, efesien dan efektif,” ujar Bahteramsyah mengakhiri. (medsi07)

Terkait