BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Minta Pemerintahan Desa Libatkan Takmir Masjid Dalam Pembangunan

date_range 24 April 2019 | Oleh : Medsi07
Bupati Minta Pemerintahan Desa Libatkan Takmir Masjid Dalam Pembangunan

FOTO Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyampaikan sambutannya dalam silaturahmi safari subuh di Masjid Al-Kahfi Jonggon.

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dalam silaturahmi melalui Safari Subuh di Masjid Al-Kahfi RT 07. Dusun Kebun Sari Desa Margahayu Jonggon A Kecamatan Loa Kulu mengapresiasi kepada para jamaah terutama bagi takmir yang sudah memakmurkan Masjid. “Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi terhadap takmir masjid yang telah membantu pemerintah dalam pengembangan pembinaan ummat Islam, terlebih di masjid Al-Kahfi yang didalamnya terdapat Pondok Pesantren,” kata Edi dihadapan para jamaah, Minggu (21/4/2019).

Menurut Edi, kegiatan safari subuh tersebut merupakan bagian dari upaya pemkab Kukar mendorong peningkatan dan pemakmuran rumah ibadah, terutama ibadah wajib serta kegiatan pengembangan ummat lainnya. “Saya berharap kegiatan ini terus digelorakan di tengah-tengah sosial kemasyarakatan. Pemerintah Desa juga harus melibatkan takmir sebagai unsur masyarakat yang terlibat dalam proses perencanaan pembangunan desa dan daerah,” ujarnya.

Dikatakan Edi, Pemkab Kukar juga sudah menentukan program prioritas dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti pemenuhan kebutuhan hajat dasar masyarakat khususnya di desa Margahayu. “Saya juga mengapresiasi atas perhatian Pemerintah Desa yg telah mampu menunjukkan kinerja pemerintahan desa yg baik, salah satunya dengan sudah diresmikannya Instalasi Pengelolaan Air (IPA) bersih berbasis Pamsimas (Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat). Ini upaya pemenuhan kebutuhan penyediaan air bersih bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Edi, juga adanya penguatan pemenuhan kebutuhan penyediaan pelayanan bidang kesehatan seperti sarana kesehatan yang memenuhi standar kesehatan, penanganan pengurangan angka kematian ibu hamil dan bayi, gizi buruk hingga revitalisasi posyandu yang juga membutuhkan peran serta pemerintah desa. “Inilah yang terus kita dorong, sebagai bagian dari upaya pengentasan kemiskinan termasuk keterlibatan takmir masjid yang nantinya diharapkan menjadi gerakan besar dalam pengentasan kemiskinan,” harapnya.

Ditambahkan Kabag Prokom Publik Setkab Kukar Dafip Haryanto mengatakan, tugas besar pemerintah adalah membahagiakan seluruh rakyatnya, hingga unsur pemerintah mulai dari desa, kecamatan hingga kebupaten melali proses perencanaan pembangunan yang berdampak terhadap masyarakat luas. “Semoga, melalui safari subuh ini akan terus membangkitkan semangat kita dalam upaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat, sehingga apa yang diharapkan dalam membahagiakan masyarakat dapat tercapai dengan baik,” jelasnya. Kegiatan safari subuh diakhiri tauziah oleh ustadz H Harunnur Rasyid menyampaikan, bagaimana peran umat Islam dalam pemberdayaan umat. (Medsi07)

Terkait