BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bupati Serahkan 352 Sertifikat Tanah Kepada Warga Desa Jembayan

date_range 16 April 2019 | Oleh : Medsi 03
Bupati Serahkan 352 Sertifikat Tanah Kepada Warga Desa Jembayan

FOTO Bupati Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis Sertifikat PTSL kepada warga Desa Jembayan Kec loa Kulu.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyerahkan 352 sertifikat hak atas tanah kepada warga Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu, akhir pekan tadi di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Jembayan Kec Loa Kulu. Edi memberikan apresiasi kepada instansi Pertanahan Kukar serta jajarannya, karena pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini berjalan dengan baik di Kukar, salah satunya di Desa Jembayan. Dari data yang tercatat untuk Kukar ditargetkan sertifikat tanah yang akan dibagikan sebanyak 12.000 sertifikat, sedangkan untuk kecamatan Loa Kulu 1.328 sertifikat yang tersebar di beberapa desa, dan untuk Jembayan sebanyak 352 sertifikat yang akan dibagikan tersebut.

Dikatakan Edi program PTSL ini merupakan kebijakan pemerintah berdasarkan intruksi Presiden No 2 tahun 2018 tentang percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di seluruh Indonesia, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf kala.

Edi berharap kepada warga Desa Jembayan yang telah menerima sertifikat tanah, agar menyimpan serta menjaga dokumen sertifikat ini sebaik - baiknya karena kekuatan berlakunya sertifikat tanah sangat penting, karena sertifikat memberikan kepastian hukum pemilik tanah, mencegah sengketa kepemilikan tanah serta kepemilikan sertifikat, pemilik tanah dapat melakukan perbuatan hukum apa saja sepanjang tidak bertentangan dengan undang – undang. Edi mengingatkan kepada masyarakat yang sudah memegang sertifikat agar menyimpannya baik – baik jangan sampai hilang atau rusak, jika masyarakat ingin tanah ini akan dijadikan agunan ke bank untuk menjadi modal usaha dan lainnya, agar dihitung secara cermat untuk cicilannya.

Kepada Camat Edi berharap agar dapat menginventarisir tanah – tanah milik negara, mencatatnya, mengamankan serta mengelola dengan baik, sedangkan tanah milik masyarakat agar dicacat secara tertib. “Sehingga dapat meminimalisir permasalahan dan sengketa-sengketa pertanahan yang dapat terjadi di wilayah kecamatan,” katanya. Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kukar Farid Hidayat mengatakan, pemberian 352 sertifikat tanah di Desa Jembayan ini dilakukan untuk memberikan kepastian hukum kepada warga atas tanah, serta menghindari adanya sengketa, pemberian sertifikat tanah ini, merupakan program dari pemerintah pusat.

Sementara itu Kepala Desa Jembayan Syamsu Ashari mengucapkan terima kasih atas program tersebut, karena sertifikat tanah memang sudah lama ditunggu warganya, program ini benar – benar dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Jembayan. “Semoga kedepannya sertifikat ini bisa membawa berkah bagi masyarakat kami khususnya Desa Jembayan,” ujarnya. Hadir dalam acara tersebut Forkomida Kukar, kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Kab Kukar, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kukar, Camat Loa Kulu Adriansyah bersama unsur pimpinan kecamatan, Para Kepala Desa serta undangan lainnya. //// Yli-Medsi03 ////

Terkait

BERITA Lainnya