BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

7.284 Satlinmas Kukar Siap Bantu Polres Amankan Pemilu 2019

date_range 15 April 2019 | Oleh : Medsi09
7.284 Satlinmas Kukar Siap Bantu Polres Amankan Pemilu 2019

FOTO BKO Satlinmas Kukar yang didahului dengan pemeriksaan pasukan oleh Sekda Kukar H Sunggono. (prokom)

TENGGARONG -Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan 7.284 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari 18 kecamatan se-Kukar, untuk bergabung dalam BKO (Bawah Kendali Operasi) Polres Kukar, dalam rangka mengawal dan mengamankan jalannya Pemilihan Umum 2019. Penyerahan BKO tersebut, diacarakan dalam Apel yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono, Kamis (11/4) di halaman kantor Bupati Kukar, yang ditandai dengan penandatangan berita acara BKO oleh Sekda Kukar Songgono dan Kabag Ops Polres Kukar Kompol Andin Wisnu Sudibyo.

Dalam amanatnya, Sunggono mengatakan Tahun ini merupakan Pemilu istimewa, untuk itu perlu dilakukan pengamanan agar situasi tetap kondusif, karena Pemilu ini akan menentukan nasib bangsa kedepan. "Kita sadari ini merupakan masa-masa yang sangat rawan, semua kesibuan Politik ini tentunya merupakan perhatian dan tanggung jawab aparat kemanan untuk memastikan semua kegiatan politik berjalan dengan aman tertib dan damai," ujarnya.

Dikatakannya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan salah satu aparat penegak hukum dan keamanan yang juga memiiki tanggung jawab besar dalam menjaga siuasi kondusif Kukar. Menurutnya, tugas tersebut tidak mudah, maka dalam hal ini Satpol PP medapat dukungan dari Satlinmas yang ditempatkan di beberapa pos. Sebagai langkah optimalisasi perannya, serta impelementasi amanat Permendagri nomor 10 tahun 2009, maka dilakukan BKO penyerahan anggota Satlinmas ke Pihak Polres Kukar untuk membantu Polri dalam rangka pengamanan pemilu 2019.

Disebutkannya, anggota Satlinmas berjumlah 7.284 orang, akan berada di pos-pos yang telah ditentukan, meliputi kantor Satpol PP, Posko Satlinmas di kecamatan, Kelurahan/Desa, serta tempat pemungutas suara (TPS) di seluruh wilayah Kukar, dengan jumlah tersebut diharapkan mampu memastikan tahapan Pemilu berjalan sesuai ketentuan. "Diharapkan dengan ini agar salah satu tugas pokok Satlinmas untuk memebantu penanganan ketentraman akan lebih optimal karena mendapat dukungan dari pihak kepolisian, dengan demikian pelaksanaan setiap tahapan Pemilu berjalan tertib," ujarnya. Sunggono juga mengimbau masyarakat untuk berperan aktif menjaga ketertiban, paling tidak menjaga lingkungan sekitar agar tetap kondusif. (medsi09)

Terkait

BERITA Lainnya