BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Pantau Harga Kebutuhan Pokok Lewat Aplikasi Sihabok Lay Durian

date_range 15 April 2019 | Oleh : Medsi07
Pantau Harga Kebutuhan Pokok Lewat Aplikasi Sihabok Lay Durian

FOTO Kadisperindag H Surip saat memaparkan inovasi Sihabok Lay Durian berbasis aplikasi android. (Foto: Irwan)

TENGGARONG -Seiring berkembangnya Teknologi Informasi, segala kebutuhan informasi masyarakat akan cepat terlayani, salah satunya menyangkut informasi kebutuhan bahan pokok serta produk lainnya. Hal tersebut ditunjukkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, dengan meluncurkan Aplikasi Sihabok Lay Durian (Smart Info Harga Bahan Pokok dan Display Produk Industri Kecil dan Menengah serta Komoditi Unggulan).

“Sihabok Lay Durian berbasis Android diluncurkan untuk memudahkan masyarakat dan para pengusaha/pengrajin IKM (Industri Kecil dan Menangah) di Kukar serta mengatasi permasalahan yang dialami oleh Petugas lapangan dan pembeli sembako terutama informasi harga kebutuhan pokok dan lainnya,” kata Kadisperindag Kukar H Surip dalam Ajang Gelar Manajemen Perubahan Generasi III, disaksikan Bupati Edi Damansyah, Sekda Sunggono, Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD), serta Tim Reformasi Birokrasi (RB), di Ruang Serbaguna Bappeda, Tenggarong, baru-baru ini.

Dalam paparannya, Surip juga menyebutkan aplikasi tersebut memiliki keunggulan yakni mendapatkan informasi perkembangan harga rata-rata komoditas Bahan pokok (sembako) terbaru di pasar-pasar tradisional melalui website, aplikasi dan SMS (Short Message Service). Kemudian tersedianya Display Produk IKM serta komoditi unggulan yang menyajikan informasi nama Pengusaha/perajin, kapasitas produksi, harga, jenis produk, unit usaha, alamat, dan tenaga kerja. “Selain dapat memantau harga bahan pokok, juga para IKM dapat langsung mempromosikan produknya melalui aplikasi dan sebagai media promosi produk unggulan Kukar,” ujarnya.

Diakui Surip, sebelum adanya aplikasi Sihabok Lay Durian, informasi harga bahan pokok masih manual, sehingga informasi tidak update dam lambat sampai ke masyarakat. Keterbatasan dan kemampuan para pelaku usaha dalam memasarkan produk unggulan IKM secara online.

“Ya, adanya aplikasi Sihabok Lay Durian ini sangat membantu masyarakat, mulai dari peningkatan kualitas, efektifitas, membantu pasar dalam mengintegrasikan data, mempercepat pengolahan data, mengecek harga sembako, memantau kenaikan harga sembako atau membandingkan harga sembako dari satu pasar dengan pasar lainnya, termasuk membantu para pengrajin IKM dalam memasarkan produk unggulannya,” jelasnya. (Medsi07)

Terkait

BERITA Lainnya