BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

MAN 2 Kukar Juarai LKTI Statistika Tingkat Kaltim

date_range 26 Maret 2019 | Oleh : Medsi07
MAN 2 Kukar Juarai LKTI Statistika Tingkat Kaltim

FOTO Siswa MAN 2 Kukar raih juara I LKTI Statika Tingkat Kaltim (Foto: Ist)

TENGGARONG -Siswa MAN 2 Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) sukses menyabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Statistika Tingkat Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda Sabtu (23/03/2019). Lomba yang bertajuk Jambore Statistika VIII dengan teman “Be Creative with Data Using Statistics” ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika, Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman.
 
Pembina Kelompok Ilmiah Remaja MAN 2 Kukar, Rais Budiarto, S.Pd., M.Si mengungkapkan bahwa MAN 2 Kukar mengirimkan 2 naskah hasil penelitian dan keduanya lolos ke dalam babak final. “Alhamdulilah, 2 (dua) tim masing-masing terdiri dari 3 (tiga) orang berhasil lolos ke babak final setelah seleksi naskah hasil penelitian. Pada babak final ini masing-masing tim diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil penelitian di depan dewan juri serta 15 menit dilakukan tanya jawab,” katanya.
 
Tim yang berhasil memperoleh juara pada ajang ini ialah Tim A yang terdiri dari Muhammad Fezi Oktaferliandi, Kurniyawan Aldo dan Fahri Husaini dengan membawakan penelitian yang berjudul “Pemilu dan Partisipasi Masyarakat (Studi Tingkat Pengetahuan dan Partisipasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Kukar dalam Pemilihan Calon Anggota Legislatif dan Presiden Tahun 2019)”. “Kami tidak menyangka dapat menjuarai lomba ini, padahal tim-tim lain juga mempresentasikan hasil penelitian yang tidak kalah baiknya. Kami dapat memperoleh juara ini telah lepas dari peran Pak Rais yang dengan sabar membimbing setiap saat,” ungkap Muhammad Fezi Oktaferliandi peraih juara.
 
Menurut Fezi, penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu dari November 2018 – Februari 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 2 Kukar terhadap Pemilihan Umum Tahun 2019, 2) untuk mengetahui bagaimana perilaku Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Kutai Kartanegara terhadap Pemilihan Anggota Legislatif pada tahun 2019 mendatang, 3) untuk mengetahui bagaimana perilaku Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Kukar terhadap Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2019 mendatang.
 
“Latar belakang penelitian yaitu, kami memperoleh data bahwa sangat rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilu sebelumnya atau dapat dikatakan angka golput masih tinggi. Untuk itu dalam penelitian ini kami berusaha menganalisis seberapa besar tingkat pengetahuan terhadap pemilu serta bagaimana perilaku pemilih pada pemilihan anggota legislatif dan presiden pada April mendatang. Kami mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Umum pada 17 April 2019 mendatang,” harap Fezi.
 
Sementara itu Kepala MAN 2 Kutai Kartanegara, Taupin, S.Ag., M.Pd.I sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih dan menyatakan bahwa MAN 2 Kukar akan terus memfasilitasi dan mengmbangkan minat bakat siswa agar tersalur dengan baik. “Saya ucapkan selamat kepada para siswa dan pembinanya, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan semakin mengukuhkan bahwa MAN 2 Kutai Kartanegara merupakan madrasah unggulan,” ucap Taupin. Diketahui, Kelompok Ilmiah Remaja MAN 2 Kukar pada Februari 2019 lalu juga telah menyabet juara umum Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi tingkat Kalimantan Timur di Universitas Mulawarman. (rb/Medsi07)

Terkait

BERITA Lainnya