BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Sekda Kukar Saksikan Penandatanganan Project Kick Off Tangki Timbun

date_range 19 Maret 2019 | Oleh : Medsi03
Sekda Kukar Saksikan Penandatanganan Project Kick Off Tangki Timbun

FOTO Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara H Sunggono saat memberika kata sambutan.

TENGGARONG –Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara H Sunggono menyaksikan Penandatanganan Project Kick Off Tangki Timbun dan Terminal BBM Kecamatan Samboja, yang akan dilaksanakan oleh  PT Mahakam Gerbang Raja Migas (Perseroda) Kukar, Jumat (15/3/2019),  di Pendopo Wakil Bupati Kukar.
 
Penandatanganan perjanjian kerjasama investasi tersebut oleh Iwan Rahman Direktur  PT Mahakam Gerbang Raja Migas  dengan  Direktur PT Shandong Asah Internasional Trading CO.Ltd Agustinus Himawan. Penandatanganan Perjanjian Kontrak EPC  dengan PT Dewata Makmur bersama, Bramada, penandatanganan perjanjian kontrak Amdal dengan konsultan Amdal Undip Prof Dr Ir Tutuk Joko Kusworo, penandatanganan tersebut disaksikan oleh Sekda kukar H Sunggono.
 
Dalam sambutannya Sekda Sunggono mengatakan, Perseroda Mahakam Gerbang Raja Migas bergerak pada bidang usaha pengelolaan Participating Interest pada wilayah kerja migas di daerah, dimana dengan terbentuknya Perseroda tersebut dimaksudkan untuk melakukan kegiatan usaha pengelolaan Participating Interest pada kegiatan hulu minyak dan gas bumi, yang tujuannya untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD), melaksanakan alih teknologi dan manajemen dibidang kegiatan hulu minyak dan, menjamin efektifitas pelaksanaan usaha minyak dan gas bumi secara akuntable melalui mekanisme usaha yang wajar. “Dengan kata lain Perseroda Mahakam Gerbang Raja Migas merupakan Power House Energy bagi pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara,”ucapnya.
 
Lebih lanjut di katakan Sunggono, untuk tahap pertama terhadap perseroda Mahakam Gerbang Raja Migas diberikan modal sebesar lima milyar rupiah, dimana modal yang disetorkan pada saat pembentukan sebesar dua puluh persen atau sebesar satu milyar dua ratus lima puluh juta rupiah. Modal nyang disetorkan  oleh pemerintah daerah sebesar 99%, modal yang disetorkan  oleh perusahaan  umum daerah Tunggang Parangan sebesar 0,6%, dan modal yang disetorkan oleh perusahaan umum daerah kelistrikan dan sumber daya energi sebesar 0,4%.
 
Dengan adanya rencana dari Peresroda Mahakam Gerbang Raja Migas ini untuk membangun tangki timbun dan terminal BBM di Samboja,  diharapkan dapat membantu program  pemerintah daerah sebagaimana maksud dan tujuan  dibentuknya Perseroda ini, serta untuk meningkatkan ketahanan energy Kabupaten. "Kami sangat menyambut baik dengan project ini, karena ini menyangkut pemberdayaan  ekonomi, sehingga mampu mendorong ekonomi dari sektor produksi minyak dan gas untuk kepentingan nasional dan daerah Kukar khususnya,” harapnya.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Mahakam Gerbang Raja Migas Kukar, Iwan Ratman dalam sambutannya mengatakan, PT Mahakam Gerbang Raja Migas Kukar yang baru diresmikan pada bulan Oktober 2018 lalu mempunyai visi dan misi untuk mengelola Participating Interest 10% di blok mahakam juga blok eminasi yang ada di Kaltim seperti blok Sangasanga dan lainnya.
 
Visi dan misi PT Mahakam Gerbang Raja Migas bukan hanya mengelola BM 10% saja, tapi mempunyai visi yang berbeda dengan BUMD lainnya, dimana PT Mahakam Gerbang Raja Migas ini mempunyai misi untuk menjadi BUMD mesin pencetak uang bagi Kab Kukar, bagaimana mencetak uangnya, bagaimana  membuat mesinnya, itu yang sekarang PT Mahakam Gerbang Raja Migas buat melalui program – program yang terencana dan terukur. “Sehingga visi dan misi bisa dilaksanakan, apa yang akan didapat dari PT Mahakam Gerbang Raja Migas ini nantinya akan memberikan  kontribusi PAD ke Kabupaten Kukar,” ujar Iwan.
 
Acara peresmian dimulainya Proyek Pembangunan Tangki dan terminal BBM di Samboja Kab kukar ditandai dengan Penekanan Tombol sirine proyek oleh Sekda Kukar H Sunggono, Ketua DPRD Kukar H salehuddin, Direktur  PT Mahakam Gerbang Raja Migas Iwan Rahman,  Direktur PT Shandong Asah Internasional Trading CO.Ltd Agustinus Himawan, konsultan Amdal Undip Prof Dr Ir Tutuk Joko Kusworo.(Yli-Medsi03)
 

 

Terkait