BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Bappeda Kukar Gelar Musrenbang Kecamatan

date_range 13 Maret 2019 | Oleh : info.prokom
Bappeda Kukar Gelar Musrenbang Kecamatan

FOTO Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk perencanaan kerja tahun 2020 di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara.

TENGGARONG -Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk perencanaan kerja tahun 2020 di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan mulai tanggal 12 – 20 Maret 2019 di 18 Kecamatan di Kutai Kartanegara, dengan mengusung tema Transformasi Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat.

Kepala Bappeda Kutai Kartanegara Wiyono, S.IP., M.Si. mengatakan tujuan Musrenbang adalah upaya untuk menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai situasi, kondisi dan perkembangan terkini, serta membahas hasil musrenbang desa.

Wiyono menjelaskan dalam musrenbang dilakukan kuota alokasi pagu indikatif serta mengawal program skala prioritas kecamatan berdasarkan atas hasil analisis sementara kemampuan keuangan daerah tahun 2020, sehingga usulan yang melebihi kouta akan menjadi daftar tunggu yang akan dimasukan ke bank data usulan Bappeda Kutai Kartanegara.

Dijelaskan oleh Wiyono pada musrenbang pihak kecamatan diberikan arahan agar dapat menggali potensi, permasalahan di wilayahnya secara komprehensif dan mendefinisikan rumusan prioritas yang memberikan pengaruh signifikan terhadap wilayah kecamatan sehingga ada sinergi antara kebutuhan riil masyarakat dengan program atau kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam alurnya hasil Musrenbang ini selanjutnya akan diinput pada Sistem Informasi Manajemen Penggaaran dan Pelaporan ( SIMRAL ) yang dikelola Bappeda Kutai Kartanegara. Jajaran yang terilbat dalam Musrenbang Kecamatan adalah seluruh perwakilan Organinasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara, tokoh masyarakat, perusahaan / swasta dan para stakeholders, dan anggota DPRD sesuai dengan asal daerah pemilihannya. (info.prokom)

Terkait