img
img

BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

DP3A Gelar Workshop Peningkatan Peran Perempuan

date_range 12 Maret 2019 | Oleh : Medsi04
DP3A Gelar Workshop Peningkatan Peran Perempuan

FOTO Peserta Workshop.

TENGGARONG -Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutai Kartanegara menggelar workshop peningkatan peran perempuan dalam pengambilan keputusan (jabatan politik), Senin (11/30) di Aula Kantor Bappeda Kukar di Tenggarong. Kepala DP3A Aji Lina Rodiah mengatakan keterlibatan perempuan dalam partai politik masih belum menunjukan kondisi yang memuaskan. Dengan kondisi seperti ini tentunya diupayakan memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada perempuan untuk mengambil peran dan berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, serta terlibat dalam pembangunan daerah.

Sejalan dengan hal itu, Aji Lina mengatakan Pemkab Kukar telah memasukkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 pada misi ke 7, yaitu menigkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan serta penguatan perlindungan anak. Terkait dengan misi ke 7 inilah DP3A menjalankan program dan kegiatan yang memberikan dampak pada peran dan partisipasi perempuan dalam pembangunan. "Keterlibatan perempuan dibidang politik adalah salah satu program strategis yang perlu menjadi perhatian kita bersama, agar perempuan bisa mengambil peran penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan didaerah," ujarnya.

Untuk itu, Aji Lina mengingatkan para Caleg perempuan harus bekerja keras agar dapat terpilih dalam Pemilu 2019 yang sebentar lagi akan kita laksanakan. Dan ini semua tidak terlepas dari kemampuan yang dimiliki oleh seorang Caleg, terutama sumber daya manusia. "Oleh karena itu, melalui workshop ini dapat memberikan pembekalan bagi para Caleg untuk nantinya terjun ketengah masyarakat menyampaikan visi dan misi serta program yang ditawarkan melalui sosialisasi atau berkampanye di dapilnya masing – masing," katanya.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Endang Sriwardani mengatakan, kegiatan dengan tema orientasi peningkatan kapasitas calon legislatif perempuan dalam Pemilu 2019 ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari beberapa organisasi wanita, partai politik, serta para Caleg perempuan yang ada di Kukar berlangsung selama sehari di Aula Bappeda Kukar di Tenggarong. Sedangkan selaku narasumber DR Hj Indra Kertati dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) Semarang serta Rahmawati Anggota Komisi III DPRD Kutai Kartanegara. (Medsi04).

Terkait

BERITA Lainnya