BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Anggota DPRD Kutim Sambangi Kukar

date_range 06 Maret 2019 | Oleh : medsi02
Anggota DPRD Kutim Sambangi Kukar

FOTO Ketua Rombongan DPRD Kabupaten Kutai Timur H Mastur Djalal saat menyerahkan cendra mata kepada Pelaksana Tugas (Plt) Assisten III Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Heldiansyah (jpg)

TENGGARONG –Rombongan anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyambangi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang diterima Pelaksana Tugas (Plt) Assisten III Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Heldiansyah di ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Rabu (6/3/2019).
 
“Tujuan kami ke Kukar selain ingin bersilaturahmi dengan jajaran pemerintah daerah disini, juga ingin mencari masukan dalam menyikapi defisitnya anggaran yang terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia,” ujar Ketua rombongan DPRD Kutim H Mastur Djalal mengawali sambutannya.Ia menjelaskan sejak memasuki tahun 2017, keuangan daerah Kabupaten Kutim yaang telah ditetapkan dalam APBD dalam tahun berjalan mengalami defisit yang cukup besar. Akibatnya banyak program yang telah dibuat tidak dapat berjalan.
 
“Defisit anggaran yang terjadi, ternyata juga berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Akibatnya, banyak program pembangunan yang tertunda bahkan terancam tidak dapat dilaksanakan,” kata H Mastur Djalal.
Pada kesempatan itu, ia berharap dapat masukan dari Pemerintah Kukar, untuk dapat menghadapi kondisi tersebut.Sementara itu, Assisten III Heldiansyah membenarkan bahwa kondisi yang dialami Pemerintah Kutim juga dialami Pemerintah Kukar.“Akibat defisit anggaran tersebut, banyak kegiatan pembangunan tahun 2017 yang menjadi beban utang pemerintah daerah, karena kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan, namun pemerintah daerah tidak mampu untuk membayarinya, “kata Heldiansyah.Untuk menyikapinya, Pemerintah Kukar di Tahun 2018 memfokuskan pada pembayaran hutang-hutang kepada pihak ketiga.“Alhamdulillah, tahun 2018 utang Pemerintah Kukar kepada pihak ketiga dapat dilunasi,”kata Heldiansyah.
 
Selain fokus pada pembayaran utang, Pemerintah Kukar dalam pelaksanaan pembangunan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi diwilayah Kukar, dengan membentuk Forum Komunikasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP). Dengan menggandeng pihak perusahaan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR), cukup mengurangi beban pemerintah daerah, terutama  dalam pelaksanaan pembangunan yang langsung menyentuh masyarakat.
 
“Forum tersebut akan menyambungkan kebijakan pembangunan pemerintah daerah dan program dan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, salah satunya yang dilakukan yaitu dibidang kesehatan yaitu melalui dana CSR perusahaan bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Samarinda, membantu warga tidak mampu menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” kata Heldiansyah lagi.Turut mendampingi Assisten III, Kabag Hukum Purnomo, Kabag Keuangan Sadeli, Kabag Perlengkapan Muhammad Taufik dan Kabag Barang/Jasa Sekretariat Kabupaten Kukar Awang Agus. (medsi02)

Terkait

BERITA Lainnya