BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Satpol PP Dilatih Kemampuan Dasar Kepamongprajaan

date_range 06 Maret 2019 | Oleh : Medsi 04
Satpol PP Dilatih Kemampuan Dasar Kepamongprajaan

FOTO Pelatihan Peningkatan Kemampuan Dasar Kepamongprajaan Bagi Anggota Satpol PP Kukar.

TENGGARONG –Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) H Fida Hurasani membuka kegiatan pelatihan  peningkatan kemampuan dasar kepamongprajaan bagi anggota Polisi Pamong Praja  Kukar Tahun 2019 di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar di Tenggarong, Senin Pagi (4/3).
 
H Fida Hurasani mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka membentuk pola dan sikap perilaku serta kualitas sumber daya manusia anggotanya, sehingga mampu menjalankan tugas, kewajiban serta kewenangan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.
 
Menurutnya, seorang Satpol PP Harus berjiwa humanis atau berprikemanusiaan, karena obyek pelayanan Satpol PP adalah masyarakat. Salam, sapa dan senyum atau 3S diperlukan untuk menunjukan bahwa Polisi Pamong Praja memiliki  pribadi – pribadi yang ramah, yang mampu memberikan ketulusan pelayanan melalui konsep 3S tersebut. 
 
Selain itu, dikatakannya, Satpol PP harus berdedikasi yakni membaktikan seluruh jiwa raga untuk mengabdi pada tugas – tugas yang diberikan oleh negara untuk masyarakat. Hal ini berarti bahwa Polisi Pamong Praja harus memiliki totalitas dalam bekerja untuk berbakti kepada nusa dan bangsa, berdisiplin, serta tegas.
 
Sehingga, dengan terciptanya karakter dan sifat daripada anggota tersebut maka dapat terlaksanalah K3 (Kenyamanan, Ketertiban dan Keindahan) dalam melaksanakan tugas dilapangan. 
 
"Banggalah dan junjung tinggi kehormatan Satpol PP sebagai ladang pengabdianmu kepada negara, wujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, dalam melaksanakan urusan wajib ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat. 
 
"Tingkatkan profesionalisme dan humanisme dalam pelaksanaan tugas, dengan terus senantiasa mendekatkan diri kepada masyakat, membangun jejaring dan komunukasi dengan anggota Polisi Pamong Praja di seluruh Indonesia. Jaga kedisiplinan diri dan ketegasan dalam bertindak, agar kewibawaan Polisi Pamong Praja dapat terjaga," pesannya.
 
Sementara itu, menurut Ketua panitia pelaksana Erli Abdi Mujibburrahman  mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 270 peserta yang dibagi dalam lima tahap atau gelombang tahun berjalan, dimana setiap gelombang akan diikuti oleh 54 peserta. Waktu pelaksanaan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. 
 
Narasumber kegiatan itu dari Polres Kukar, Bagian Hukum dan Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia Kukar, dengan materi Peraturan Pemerintah  Nomor 49  Tahun 2018, Perda Nomor 5 Tahun 2013, psikologi massa, bela diri, pasukan baris – berbaris , cara pengaturan dan lain sebagainya. Kegiatan gelombang I dimulai hari Senin 4 maret s/d 6 Maret 2019. 
 
"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membentuk mental pamong praja yang profesional dengan indikator memiliki rasa disiplin, etos kerja, kemampuan dan kecermatan, ketelitian, stamina tidak melakukan kesalahan dan bertanggung jawab," ujar Erli. ( Medsi 04 ).

Terkait

BERITA Lainnya