BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Pelantikan Klub Jantung Sebulu, Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

date_range 04 Maret 2019 | Oleh : Medsi04
Pelantikan Klub Jantung Sebulu, Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

FOTO Heldiansyah saat melantik pengurus Klub jantung Sehat Kecamatan Sebulu, di Lapangan Sepak Bola Desa Sumber Sari SP 1 Sebulu, Sabtu (2/3).

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah yang diwakili oleh Plt Asisten III Bidang Umum Sekretariat Kabupaten Kukar Heldiansyah melantik pengurus Klub jantung Sehat Kecamatan Sebulu, di Lapangan Sepak Bola Desa Sumber Sari SP 1 Sebulu, Sabtu (2/3). 
 
Hadir dalam acara tersebut Camat Sebulu Mochfizar, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kukar Abdul Rasid, Ketua Pembina sekaligus Penasehat Maslianawati Edi Damansyah, unsur muspika Kecamatan Sebulu, tokoh agama dan masyarakat setempat. Heldiansyah menyampaikan, Indonesia saat ini mengalami permasalahan kesehatan berupa beban ganda penyakit double burden diseases ), dimana kasus penyakit menular masih menjadi yang harus diselesaikan, namun seiring dengan itu, penyakit tidak menular juga semakin meningkat jumlahnya dan menimbulkan masalah yang cukup besar. 
 
Penyebab penyakit tidak menular sebagian besar disebabkan karena adanya perubahan gaya hidup dan perilaku masyarakat yang kurang sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, kebiasaan merokok dan minum alkohol. Heldiansyah juga menyampaikan, penyakit jantung dan pembuluh darah tercatat sebagai salah satu jenis penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia. Data The Institute for Health Metric and Evaluation Tahun 2016 menunjukan  bahwa 32, 26 % dari total kematian didunia disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.
 
Data BPJS Tahun 2016 juga menunjukkan bahwa telah dikeluarkan biaya sebesar 14,6 triliyun rupiah untuk pembiayaan penyakit jantung yang merupakan beban terbesar pembiayaan kesehatan yang harus ditanggung oleh BPJS kesehatan. Selain itu biaya yang harus ditanggung oleh keluarga untuk mendukung perawatan penderita jantung juga cukup besar dan terjadi kehilangan produktivitas baik bagi penderita penyakit jantung sendiri maupun keluarga yang harus merawat. "Dari data – data diatas jelas sekali bahwa penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyakit besar yang kita hadapi saat ini," kata Heldiansyah. 
 
Menurutnya, mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah ini perlu ditanamkan dan terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Salah satu upaya pencegahan penyakit jantung dan kardiovaskuler adalah melalui perilaku dan gaya hidup sehat sehat seperti banyak melakukan aktivitas fisik, mengurangi atau stop merokok, menerapkan pola makan yang sehat seperti banyak makan sayur dan buah, tidak mengkonsumsi alcohol, mengurangi stress, cukup istirahat dan secara  rutin melakukan pengecekan kesehatan seperti pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat.
 
Pemkab Kukar sangat menghargai upaya yang telah dilakukan oleh masyarakat Sebulu untuk hidup sehat salah satunya dengan gemar melakukan olahraga khususnya senam jantung sehat sekaligus mendukung program gerakan masyarakat hidup sehat  (Germas). "Dengan diresmikannya Klub Jantung Sehat di Sebulu ini bukan hanya kegiatan serimonial saja, tapi harus diwujudkan dalam kegiatan nyata yang secara rutin dilaksanakan sehingga Klub Jantung Sehat ini menjadi salah satu bentuk partisipasi masyarakat yang turut menyumbang upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kutai Kartanegara," harapnya.
 
Sementara, Ketua pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kukar Abdul Rasid mengatakan,  pelantikan pengurus kecamatan dan 3 Klub jantung Sehat yang dilantik tersebut meliputi pengurus Jantung Sehat Kecamatan Sebulu, pengurus Klub Jantung Sehat Desa Sumber Sari, Desa Mekar Jaya dan Desa Manunggal Jaya. 
 
Diharapkan Rasid, dengan adanya pelantikan club jantung sehat ini akan semakin meningkatkan kegiatan sosial kemasyarakatan di Sebulu. menurutnya, Yayasan Jantung sehat adalah kegiatan sosial, tujuan utamanya mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga, menjaga kesehatan supaya masyarakat juga terhindar dari penyakit jantung. Kepada pengurus yang baru dilantik Abdul Rasid berharap mampu menjalankan amanah, tugas organisasi dengan baik dan mengajak masyakat untuk giat berolahraga dan menjaga kesehatan. Dan saling melakukan koordinasi yang baik dengan pengurus kecamatan maupun pengurus Kabupaten. Pelantikan pengurus Klub jantung sehat ini, ditandai dengan penyerahan bendera Jantung Sehat, penyerahan SK pengurus serta senam bersama. ( Medsi 04 ).

 

Terkait