BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Optimalisasi dan Pemberdayaan Perempuan Kreatif Kecamatan Anggana

date_range 25 Februari 2019 | Oleh : info.prokom
Optimalisasi dan Pemberdayaan Perempuan Kreatif Kecamatan Anggana

FOTO Aziz berharap pelatihan ini dapat mengembangkan kreatifitas perempuan yang ada di Desa Kutai Lama dan dapat membawa peningkatan mutu produk yang dihasilkan sehingga dapat bersaing dengan produk lain.

TENGGARONG -UKM Center Kecamatan Anggana melalui UKM Bukwiskula (Bubuhan Kreatif Wisata Kutai Lama) dipimpin Ibu Syarifah Sopiyani bekerja sama dengan Pertamina EP Sanga Sanga melaksanakan Workshop UMKM dengan tema Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Kutai Lama.Kegiatan ini dihadiri Camat Anggana Hj. Norhairi, S.Sos.MM dan Dibuka oleh Pimpinan PT. Pertamina EP Aziz.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 22 Februari 2019 bertempat di Dermaga Desa Kutai Lama. Kegiatan yang merupakan bagian dari Program CSR PT. Pertamina EP Sanga Sanga Field tersebut dilaksanakan untuk pemberdayaan perempuan dan peningkatan mutu UKM di Desa Kutai Lama di Kecamatan Anggana. Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang memiliki usaha kecil dan menengah. Pada hari pertama tanggal 20 Februari 2019 dilakukan pelatihan peningkatan kualitas produk yang dibawakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kab. Kutai Kartanegara.

Hari Ke Dua Tanggal 21 Februari 2019 materi kegiatan adalah pengepakan (packaging) yang diisi pembicara dari Dinas Pendapatan Daerah Kukar, Indomaret dan Kantor Pajak Pratama Tenggrong. Hari ke tiga 22 Februari 2019 dilakukan penyuluhan perijinan P-Irt dari Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara serta dari Kantor Pajak Pratama Tenggarong.

Dalam sambutannya Pimpinan Pertamina EP menyambut baik dan mendukung program pengembangan UKM bagi Desa Kutai Lama pada khususnya dan Kecamatan Anggana pada umumnya. Dikatakan oleh Aziz bahwa Pertamina EP siap menjadi bapak angkat bagi UKM yang ada di Desa Kutai Lama karena Kutai Lama merupakan wilayah operasional PT. Pertamina EP. Selain itu Aziz berharap pelatihan ini dapat mengembangkan kreatifitas perempuan yang ada di Desa Kutai Lama dan dapat membawa peningkatan mutu produk yang dihasilkan sehingga dapat bersaing dengan produk lain.

Keynote Speaker dari Kecamatan Anggana diisi oleh Kasi Kesejahteraan Sosial Dedy Wahyudiansyah, SE.,MM yang memaparkan materi Inovasi Optimalisasi dan Pemberdayaan Perempuan Kreatif Kecamatan Anggana. Materi tersebut memaparkan potensi UKM perempuan di 8 Desa di Kecamatan Anggana yang kaya akan keberagaman produk. Hal ini dikarenakan pencaharian penduduk Kecamatan Anggana yang sebagian besar merupakan petani, nelayan dan bidang perkebunan. Potensi inilah yang perlu diangkat sebagai produk yang benilai tinggi. Camat Anggana Norhairi berharap dengan pelatihan ini peserta akan mengetahui cara pengolahan, perijinan sampai dengan pengepakan atau pengemasan.

Camat Anggana mengajak perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Anggana untuk menjadi Bapak Angkat atau mitra bagi UKM yang ada di desa di wilayah kerjanya masing masing. Dikatakan oleh Norhairi di Kecamatan Anggana terdapat 8 desa dan PT. Pertamina EP Sanga Sanga telah melaksanakan pelatihan yang ke dua di tahun 2019 di Desa Kutai Lama dalam waktu 2 bulan.

Kemitraan antara UKM dengan pihak swasta ini merupakan dukungan terhadap program ekonomi kreatif demi peningkatan kuantitas dan kualitas produk, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan oleh Camat Norhairi agar setiap desa memiliki mitra/bapak angkat sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kesejahteraan madyarakat di lingkungan kerjanya. (info.prokom)

Terkait