BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

MAN 2 Kukar Juara Umum Olimpiade Sains Biologi Tingkat Kaltim

date_range 22 Februari 2019 | Oleh : Medsi07
MAN 2 Kukar Juara Umum Olimpiade Sains Biologi Tingkat Kaltim

FOTO MAN 2 Kukar sukses meraih juara umum pada Olimpiade Sains Biologi tingkat Provinsi Kaltim.

TENGGARONG -Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menunjukkan prestasi gemilang di awal tahun 2019. Kali ini siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja sukses meraih juara 1, 2 dan 4 serta Juara Umum dalam ajang Olimpiade Sains Biologi (Osagi) tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019.

Ajang bergensi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (FKIP) Universitas Mulawaraman pada 11 s/d 13 Pebruari 2019 di GOR 27 September, Auditorium dan Microteaching Universitas Mulawarman Samarinda. Dikatakan Rais Budiarto, S.Pd., M.Si selaku pembina Olimpiade Biologi MAN 2 Kukar, bahwa MAN 2 Kukar mengirimkan 17 siswa untuk mengikuti kegiatan Osagi, terdiri dari tiga orang siswa mengikuti Lomba Olimpiade Biologi, 3 siswa mengikuti Lomba Mading 3D Biologi, 3 siswa mengikuti Lomba Cerdas Cermat Biologi, dan 8 siswa lainnya mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi. “Dari empat cabang yang diikuti, Alhamdulilah di cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi MAN 2 Kukar sabet 3 peringkat yaitu 1, 2 dan 4 sehingga MAN 2 Kukar berhak memperoleh gelar sebagai Juara Umum,” katanya.

Menurut Rais, siswa yang memperoleh juara tersebut yaitu Juara Pertama Siti Qoirunnisa dan Tri Purwita Sari dengan judul penelitian Pemanfatan Tumbuhan Kayu Apu (Pistia Stratiotes L) sebagai Fitoremediator Ion Logam Kromium (Cr) pada Limbah Cair Sarung Samarinda. Juara Kedua diperoleh oleh Nazifa Afiatusalihah, Muhammad Rizky dan Erlin Ermawati dengan judul penelitian Uji Anti Jamur Ekstrak Daun Gandarusa (Justicia gendarussa Burm.F) terhadap Jamur Candida albicans, sedangkan peringkat Keempat diperoleh oleh Fika Paramita, Nurjanah dan Brayen Novendra dengan judul penelitian Penggunaan Metode Elektrokoagulasi untuk Menetralkan COD, TDS, TSS, dan pH pada Limbah Cair Tahu (Home Industry) Menggunakan Elektroda Alumunium (Al).

Keberhasilan tersebut juga mendapat apresiasi dari Kepala MAN 2 Kukar, Taupin, S.Ag., M.Pd.I mengaku bangga terhadap prestasi yang diraih oleh para siswa di awal tahun 2019 dan berharap prestasi ini dapat ditingkatkan di ajang yang lebih tinggi lagi. “Saya ucapkan selamat kepada para siswa dan pembimbingnya, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi kita semua. Selama ini Kelompok Ilmiah Remaja merupakan salah satu ekstrakurikuler yang paling sering menyabet prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” katanya.

Ditambahkan Taupin, prestasi yang diperoleh tersebut semakin membuktikan bahwa MAN 2 Kukar mampu berprestasi di berbagai bidang keilmuan. “Saya berharap prestasi ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk turut memberikan yang terbaik sesuai dengan bidangnya,” harap Taupin. Diketahui, tidak hanya itu MAN 2 Kukar juga menyabet juara 3 Madrasah Kompetitif dan Madrasah Fantastik dalam ajang Madrasah Gemilang yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim (Medsi07/rb)

Terkait

BERITA Lainnya