BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Plt Bupati Minta Takmir Masjid Tingkatkan Peran dan Fungsi Memakmurkan Masjid

date_range 11 Februari 2019 | Oleh : Medsi02
Plt Bupati Minta Takmir Masjid Tingkatkan Peran dan Fungsi Memakmurkan Masjid

FOTO Suasana Safari Subuh di Masjid Da’watul Khair.

TENGGARONG -Melalui safari subuh, Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta pengurus dan takmir masjid lebih meningkatkan peran dan fungsinya dalam tugas dan tanggung jawab untuk memakmurkan masjid. Hal itu disampaikannya saat safari subuh di Masjid Da’watul Khair jalan Pranoto Kelurahan Sukarame Kecamatan Tenggarong Jumat (08/02/2019).
 
Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkb Kukar.Plt Bupati mengatakan kegiatan safari subuh ini bukan hanya memperkuat silaturahmi pemerintah Kukar dengan masyarakat, akan tetapi pemerintah Kukar juga berkomitmen mendukung penuh program-program pembinaan umat dalam fasilitasi pembinaan umat guna mendorong takmir masjid melakukan peran dan fungsinya dalam menjadikan masjid sebagai pusat tempat ibadah.
 
“Melalui kegiatan ini, kita tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta perkuat jalinan tali silaturahmi antar Pemkab dengan masyarakat, Pemkab juga berkomitmen mendukung penuh program-program pembinaan umat khususnya dalam fasilitasi rumah ibadah yang ada, takmir masjid serta pembinaan masyarakat guna menciptakan manajemenatau idarah masjid yang baik,” kata Edi Damansyah.
 
Lebih lanjut ia juga mengatakan melihat dari esensi makna dari manajemen atau idarah masjid tersebut, maka pengurus atau takmir masjid maupun jamaah masjid mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memakmurkan masjid, langkah ini penting agar peran fungsi masjid sebagai pusat pertumbuhan peradaban Islam dapat diaplikasikan ditengah-tengah umat.
 
“Oleh karena itu, peran aktif takmir masjid harus selalu ditingkatkan dan kembangkan profesional kerjanya guna menciptakan manajemen masjid yang baik,” katanya.
 
Edi kemudian mengajak Camat, Lurah untuk melakukan kegiatan safari subuh, dan para pengurus masjid serta jamaah untuk lebih aktif dan kreatif melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di masjid. Terlebih saat ini umat Islam dihadapkan dengan pengaruh negatif dari globalisasi, seperti lunturnya moral dan akidah generasi muda islam, pengaruh narkoba, pornografi, minuman keras dan kenakalan remaja.
 
“Kita punya tanggung jawab bersama untuk membangkitkan semangat remaja Islam masa kini agar mencintai dan memakmurkan masjid, mari bersama ciptakan generasi muda yang berakhlak mulia, kreatif dan inofatif dalam kegiatan pembinaan umat di masjid khususnya,” ujar Edi Damansyah.
 
Menutup sambutannya Edi Damansyah mengharapkan agar bersama menjaga kedamaian, kesatuan, persatuan, kerukunan dan persaudaraan, jangan sampai karena perbedaan pilihan warna dalam Pemilu membuat bertikai, bermusuhan dan melakukan ujaran kebencian yang dapat melukai satu sama lainnya. “Mari kita jaga kedamaian dalam keberlangsungan Pileg dan Pilpres 17 april 2019 dengan aman, tentram dan damai,” Ungkap Edi Damansyah.
 
Ketua takmir Masjid Da’watul Khair H Syahrumsyah mengatakan, dalam peningkatan keimanan dan ketaqwaan khususnya pembinaan umat di masjid Da’watul Khair ini, pihaknya selalu mengadakan seleksi dan pelatihan terhadap generasi muda penerus takmir masjid, guna menciptakan manajemen  masjid yang baik, guna memberikan tempat terbaik bagi jamaah untuk melaksanakan ibadah maupun kegiatan sosial lainnya. (Medsi 02)* 

Terkait

BERITA Lainnya