BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita

Balai Pembibitan Ikan di Perjiwa

date_range 08 Februari 2019 | Oleh : info.prokom
Balai Pembibitan Ikan di Perjiwa

FOTO Petugas saat meperlihatkan bibit ikan air tawar.

DESA Perjiwa terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar). Suasananya tidak begitu ramai seperti di Kecamatan Tenggarong, sebagai Ibukota Kabupaten Kukar. Saat pagi berangsur terang, keadaan Desa Perjiwa masih jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor. Di lokasi sejuk inilah terdapat Balai Pembibitan Benih Ikan, lengkap dengan sejumlah petak penampungan.

“Di sini kami mengembangkan beberapa jenis ikan tawar untuk dikembangkan. Yakni ikan nila, ikan lele, ikan patin dan ikan mas. Juga ikan jelawat, papuyu serta haruan atau ikan gabus,” kata Syahril Afdan selaku Kepala UPT Balai Pembibitan Ikan di Separi tersebut.
Bibit ikan dari balai pembibitan tersebut dijual kepada masyarakat Tenggarong dan sekitarnya, termasuk Kota Samarinda.

Untuk memenuhi permintaan konsumen, balai ini memiliki sebanyak 10 pegawai tetap ditambah 14 pekerja berstatus tenaga harian lepas atau THL. Sehingga permintaan dari pembeli secara langsung maupun melalui pemesanan, dilayani maksimal.

“Pembeli biasanya datang dari lokal Tenggarong, Muara Kaman serta Muara Muntai. Ada pula dari Samarinda, Kota Bontang dan Kabupaten Berau. Selain para pembeli, kami juga sering menerima kunjungan pelajar dan mahasiswa,” jelas Syahril, lagi.

Betapa pentingnya keberadaan Balai Pembibitan Ikan tersebut, diharapkan Pemkab Kukar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, dapat membantu. Karena selain memacu pertubuhan perekonomian masyarakat, keberadaan balai tersebut sebagai pusat informasi budidaya pembibitan dan pengembangan berbagai jenis ikan.

“Pada 2018 lalu sempat terjadi insiden, keramba fiber untuk pembenihan ikan kami sebanyak 8 petak mengalami kerusakan. Akibat ditabrak ponton batu bara. Tapi langsung diganti oleh perusahaan tambang bersangkutan,” katanya. (inf.prokom/ash)

Terkait

BERITA Lainnya